Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Salon Kambing Laris Manis Jelang Iduladha

Kompas.tv - 6 Juni 2024, 10:38 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BANYUMAS, KOMPAS.TV - Agar cepat laku dan dilirik pembeli, ternak kambing yang dibawa ke pasar haruslah terlihat cantik, menarik dan tentunya sehat. Di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ada jasa untuk membuat kambing terlihat jadi lebih menarik, namanya salon kambing.

Merapikan tanduk, menggunting kuku, ataupun merapikan bulu kambing, semua bisa dilakukan oleh Suhardi, sang penyedia jasa salon kambing. Salon kambing milik Suhardi ini, biasanya akan diserbu warga dan penjual kambing yang ingin kambingnya disulap penampilannya oleh Suhardi.

Salon kambing beroperasi di pasar-pasar hewan di wilayah Kabupaten Banyumas dan juga Cilacap, pada hari-hari pasaran yang telah ditentukan.

Banyak warga yang antre untuk mendapatkan jasa Suhardi untuk mempercantik kambing-kambing mereka, apalagi pada masa saat jelang hari raya kurban seperti saat ini.


“Ini dirapihin kuku-kukunya supaya bagus, sehat dan cepat laku,” tutur Sarno, pemilik kambing.


Tanduk yang memanjang, atau yang dapat membahayakan si kambing itu sendiri dipotong dan dirapikan, lalu disemir hitam agar terlihat lebih rapih. Begitu juga dengan kuku-kuku kambing, yang biasanya panjang dan tidak rapi serta menyulitkan kambing dalam berjalan. Kuku-kuku tersebut dipotong dan dirapikan, sehingga kambing dapat nyaman berjalan dan nampak sehat.

Tak hanya tanduk dan kuku, urusan bulu kambing pun akan beres di tangan Suhardi.

“Tanduk itu kalau panjang sebelah perlu dirapihkan dan kuku kaki kalau panjang itu kan mempengaruhi cara jalannya. Kemudian bulu yang gimbal, Insyaallah bisa dirapihin agar terlihat bagus,” ucap Suhardi.

Untuk mendapat jasa salon kambing, Suhardi mematok tarif antara Rp 20.000 hingga Rp 100.000 tergantung dari varian dan perawatan yang diinginkan oleh konsumennya. Sementara waktu yang diperlukan untuk pengerjaan satu ekor kambing rata-rata sekitar 30 hingga 45 menit.

Usai bersolek di salon, kambing-kambing pun nampak rapih dan siap ditawarkan kepada calon pembeli yang membutuhkan kambing untuk berkurban.

#iduladha #kurbankambing #salonkambing



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x