Kompas TV regional jawa barat

Eks Napi Lapas Kesambi Dicurhati Terpidana Kasus Vina: Dia Orang Polos, Jauh dari Kata Beringas

Kompas.tv - 5 Juni 2024, 18:42 WIB
eks-napi-lapas-kesambi-dicurhati-terpidana-kasus-vina-dia-orang-polos-jauh-dari-kata-beringas
Marliyana (33), kakak Vina, menunjukkan foto adiknya di rumahnya di Jalan Kapten Samadikun, Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (14/5/2024). Vina merupakan pelajar yang menjadi korban pemerkosaan dan pembunuhan pada 2016. (Sumber: Kompas.id/Abdullah Fikri Ashri)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

CIREBON, KOMPAS.TV - Eks narapidana (napi) Lapas Kesambi Cirebon, Jawa Barat, Ahmad Budi Permadi atau Abi mengaku sempat bertemu dan dicurhati oleh salah satu terpidana kasus pembunuhan Vina dan Eki di Cirebon, Sudirman.

Abi merupakan terpidana kasus tindak pidana korupsi dan dihukum penjara selama lima tahun, sejak 2014-2019. Selama di penjara, dia sempat mendapatkan pengakuan dari Sudirman.

Selama mengenal Sudirman, Abi menilai bahwa pria itu polos, lugu, dan jauh kata beringas. 

Baca Juga: Eks Napi Ungkap Curhatan Terpidana Kasus Vina: Sebut Bukan Pelaku, Dapat Kekerasan saat Proses BAP

“Ada salah satu kawan yang tersangka tadi namanya Sudirman, sempat ngobrol dengan saya. Ya boleh dibilang baik, lah. Kalau dilihat dari penampilan terpidana tadi jauh dari orang yang sangat beringas,” kata Abi kepada Kompas.tv, Rabu (5/6/2024).

“Karena dari gestur atau dari tubuhnya itu adalah orang-orang polos. Orang-orang yang penuh dengan keluguan yang tidak pernah tahu apa-apa,” sambungnya.

Kepada Abi, Sudirman mengaku bahwa ia tidak terlibat dalam pembunuhan Vina dan Eki. Abi kemudian menanyakan mengapa Sudirman tidak menyampaikan hal itu di persidangan.

Berdasarkan cerita Sudirman, ia dan para terpidana kasus Vina yang lain mendapatkan kekerasan dari pihak kepolisian sehingga terpaksa mengakui perbuatan yang tidak mereka lakukan.

“Dia pernah ngomong kalau ‘saya bukan pembunuh Pak’, itu loh kenapa Anda tidak mengaku itu di persidangan? Dia bilang ‘saya tidak berani’,” ungkap Abi.

Selain itu, para terpidana ini juga tidak didampingi oleh pengacara selama proses BAP (berita acara pemeriksaan) dilakukan.

Menanggapi cerita tersebut, Abi hanya bisa memberikan dukungan moril kepada Sudirman. Ia meminta agar Sudirman tidak menyerah.

“Artinya saya hanya membesarkan (hati) dia. Supaya menjalani kehidupan di dalam penjara tadi tidak stres atau tidak apa. Karena banyak sekali para napi-napi apalagi dia baru melakukan tindak kekerasan yang tidak pernah dia lakukan. Ini lucu,” ucap Abi.


Sebagai informasi, Vina dan Eki dibunuh pada 27 Agustus 2016 lalu. Sebanyak 8 pelaku kini telah ditangkap dan diadili. Tujuh di antaranya dipenjara seumur hidup, sedangkan satu lainnya dipenjara 8 tahun dan sudah bebas.

Baca Juga: Ditanya Update Kasus Vina Cirebon, Kapolda Jabar Irjen Akhmad Wiyagus Pilih Bungkam

Kasus Vina kembali ramai usai kasusnya diadaptasi ke dalam film berjudul Vina: Sebelum 7 Hari yang tayang pada 8 Mei 2024. 

Selasa (21/5/2024), jajaran Polda Jawa Barat berhasil menangkap buron atas nama Pegi Setiawan alias Pegi Perong di kawasan Katapang, Kabupaten Bandung.

Saat ini, Pegi telah ditetapkan sebagai tersangka dan diduga menjadi otak pembunuhan Vina dan Eki. Pegi kini ditahan di Rutan Polda Jabar.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x