Kompas TV regional sumatra

Pasokan Listrik di Lampung Baru Pulih 62 Persen setelah Terjadi Pemadaman akibat Gangguan Transmisi

Kompas.tv - 5 Juni 2024, 11:53 WIB
pasokan-listrik-di-lampung-baru-pulih-62-persen-setelah-terjadi-pemadaman-akibat-gangguan-transmisi
Ilustrasi. Pasokan listrik di wilayah Lampung mulai kembali normal pada Rabu (5/6/2024), setelah adanya gangguan transmisi di Sumatera Selatan. (Sumber: Humas PT PLN)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Pasokan listrik di wilayah Lampung mulai kembali normal pada Rabu (5/6/2024), setelah terjadinya pemadaman akibat gangguan transmisi di Sumatera Selatan.

Gangguan ini terjadi pada jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV antara Linggau-Lahat, yang mengakibatkan wilayah Provinsi Lampung mengalami pemadaman listrik lebih dari 24 jam sejak Selasa (4/6) hingga Rabu.

Menurut Manager Komunikasi PLN UID Lampung Darma Saputra, pemulihan pasokan listrik dilakukan secara bertahap.

Saat ini, sekitar 62 persen Gardu Induk (GI) di Lampung telah kembali bertegangan, didukung oleh pasokan listrik dari sistem interkoneksi Sumatera.

"Per pukul 09.30 WIB, 62 persen gardu induk se-Lampung sudah bertegangan," kata Darma, Rabu pagi, dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Penyebab Listrik Padam di Sejumlah Wilayah Sumatera, Gangguan di Gardu Induk Linggau-Lahat

Beberapa gardu induk yang telah beroperasi kembali antara lain GI Pakuan Ratu, GI Menggala, GI Blambangan Umpu, GI Kotabumi, GI Bukit Kemuning, GI Tegineneng, GI Ulubelu.

Kemudian GI Pagelaran, GI Sutami, GI Adijaya, GI Natar, GI Liwa, GI Tarahan, GI Sukarame, GI Gedong Tataan, dan GI Kota Agung.

Darma menambahkan, 491.335 pelanggan di Lampung kini sudah mendapatkan kembali pasokan listrik.

Hampir seluruh kabupaten di provinsi tersebut telah menerima aliran listrik kembali, meskipun belum sepenuhnya 100 persen.

PLN masih terus berusaha untuk menormalkan pasokan listrik secara bertahap agar seluruh masyarakat dapat kembali menikmati listrik tanpa gangguan.

Upaya pemulihan diharapkan dapat segera selesai sehingga aktivitas masyarakat tidak lagi terganggu.

Sebelumnya, hampir seluruh wilayah Kota Bandar Lampung mengalami pemadaman listrik total yang menimbulkan keluhan masyarakat yang terganggu aktivitasnya.

Pemadaman ini mulai terjadi pada Selasa (4/6/2024) sekitar pukul 11.45 WIB.

Baca Juga: Bulan Ini Tidak Naik, Nasib Tarif Listrik Pasca-Juni 2024 Masih Abu-Abu


 



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x