Kompas TV regional jawa timur

Hasil Olah TKP Kecelakaan Fortuner di Kawasan Bromo: Mobil Membentur Bukit sebelum Terjun ke Jurang

Kompas.tv - 14 Mei 2024, 22:27 WIB
hasil-olah-tkp-kecelakaan-fortuner-di-kawasan-bromo-mobil-membentur-bukit-sebelum-terjun-ke-jurang
Petugas mengevakuasi mobil dengan nomor polisi B 1683 TJG yang terjun ke jurang di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (14/5/2024). (Sumber: ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Deni Muliya

MALANG, KOMPAS.TV - Satlantas Polres Malang, Jawa Timur, mengungkapkan hasil olah tempat kejadian perkara atau TKP terkait peristiwa kecelakaan tunggal di jalur kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang mengakibatkan empat orang tewas.

Kasat Lantas Polres Malang, AKP Adis Dani Garta mengatakan, bagian kiri kendaraan jenis Sport Utility Vehicle (SUV) yang mengalami kecelakaan tersebut sempat membentur bukit sebelum terjun ke jurang.

"Di lokasi kejadian, terjadi benturan sisi kiri kendaraan tersebut dengan bukit," kata Adis di Ngadas, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (14/5/2024).

Baca Juga: Evakuasi Korban Fortuner Masuk Jurang Kawasan Bromo, Medan Sulit, Minim Penerangan

Usai mobil bernomor polisi B 1683 TJG itu membentur bukit pada bagian kirinya, lanjut Adis, mobil yang ditumpangi sembilan orang itu oleng ke arah kanan, hingga akhirnya menabrak pembatas lalu terjun ke jurang sedalam 80 sampai 100 meter.

"Sesampainya di TKP, terjadi benturan pada sisi kiri mobil tersebut dengan bukit, akhirnya oleng ke kanan, ban selip dan menabrak pembatas jalan buatan," ujar Adis.

Ia menambahkan, berdasarkan kesimpulan sementara dari hasil olah TKP itu, tidak terdapat jejak pengereman pada jalur yang menurun cukup tajam tersebut.

Namun, saat mendekat pada titik tabrak, ditemukan jejak ban mengalami selip.

"Ini mengindikasikan dan bisa diduga pengemudi mengemudikan kendaraan dengan kecepatan lumayan tinggi," ujarnya dikutip dari Antara.

Dengan kecepatan yang cukup tinggi pada jalur yang turun cukup curam tersebut, pengemudi tidak mampu menguasai kendaraan dan kemudian tidak melakukan pengereman. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x