Kompas TV regional jawa timur

Evakuasi Korban Fortuner Masuk Jurang Kawasan Bromo, Medan Sulit, Minim Penerangan

Kompas.tv - 14 Mei 2024, 13:56 WIB
evakuasi-korban-fortuner-masuk-jurang-kawasan-bromo-medan-sulit-minim-penerangan
Mobil Fortuner masuk jurang di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Dusun Jarak Ijo, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Senin (13/5/2024). (Sumber: Kompas.com/Imron Hakiki)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

MALANG, KOMPAS.TV - Petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Tatak Hari, menceritakan proses evakuasi korban kecelakaan mobil Toyota Fortuner yang masuk jurang di kawasan Bromo, tepatnya di Jarak Ijo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Senin (13/5/2024).

Tatak langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP) usai pihaknya mendapatkan laporan mengenai adanya mobil yang masuk jurang.

"Awalnya kami mendapat laporan dari warga bahwa ada kecelakaan, lalu kami mendatangi lokasi, dan berkoordinasi dengan petugas dari TNI dan Polri serta relawan untuk melakukan evakuasi," kata Tatak di Rumah Sakit Sumber Sentosa, Senin malam.

Baca Juga: Daftar Nama Korban Tewas Mobil Fortuner Pengantar Pengantin Masuk Jurang di Kawasan Bromo

Proses evakuasi berjalan cukup lama. Pasalnya, petugas dan warga yang membantu mengalami kesulitan lantaran lokasi mobil yang terperosok ke jurang sedalam 100 meter dari jalan utama.

Selain itu, minimnya penerangan di lokasi kecelakaan juga menjadi tantangan dalam proses evakuasi.

Tatak bilang, petugas dan warga memprioritaskan korban yang selamat untuk dievakuasi terlebih dahulu.

“Kita bantu tadi korban yang masih hidup, ada anak-anak, kita gendong karena medannya cukup sulit dan minim penerangan,” cerita Tatak, seperti dikutip dari Tribun Jatim.

Lebih lanjut, Tatak menyebut bahwa ada korban yang masih berada di dalam mobil. Pihaknya mengerahkan alat-alat yang ada untuk membantu evakuasi.

Dalam peristiwa ini, empat orang tewas, sedangkan lima orang selamat dan mengalami luka-luka. Korban luka-luka dilarikan ke Rumah Sakit Sumber Sentosa, Kecamatan Tumpang.

Baca Juga: Kronologi Fortuner Masuk Jurang Sedalam 200 Meter di Kawasan Bromo, Diduga Rem Blong, 4 Orang Tewas

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Malang AKP Adis Dani Garta mengatakan bahwa saat ini korban selamat dirujuk ke Rumah Sakit TNI AD Tingkat II dr. Soepraoen Malang.


"Mereka juga sempat mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Sumber Sentosa. Namun kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Tentara Dokter Soepraoen, Kota Malang," kata Adis, Selasa (14/5/2024), dikutip dari Kompas.com.

Sebelumnya, Adis mengatakan bahwa kecelakaan tersebut diduga terjadi akibat rem blong. Jalanan yang menurun membuat mobil Fortuner bernopol B 1683 TJG itu terperosok ke jurang.



Sumber : Kompas TV, Tribun Jatim



BERITA LAINNYA



Close Ads x