Kompas TV regional berita daerah

Resmi Beroperasi, Penerbangan Peristis di Gorontalo Layani 9 Rute

Kompas.tv - 20 Februari 2024, 11:15 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO,KOMPAS.TV -  Seiring dengan selesainya pembangunan sejumlah bandara perintis yang ada di tiga provinsi ujung paling Utara Pulau Sulawesi,  pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, kini membuka jalur penerbangan perintis dengan menggunakan maskapai penerbangan Sam Air.

Beroperasinya jalur perintis ini ditandai dengan  penerbangan perdana dari bandara Djalaludin Gorontalo ke Bandara Pohuwato oleh Penjabat Gubernur Ismail Pakaya serta unsur forkompinda pada Minggu 18 februari 2024.

Dengan menggunakan pesawat jenis twin other berkapasitas 19 penumpang, nantinya akan melayani jalur transportasi udara di tiga provinsi dengan sembilan rute penerbangan.

Rute penerbangan area satu melayani jalur bandara Djalaludin Gorontalo  ke Bandara Pohuwato, bandara Pohuwato ke Bandara Pogogul Palu Sulawesi Tengah dan sebaliknya.

Kemudian pada area dua, maskapai ini melayani jalur Bandara Djalaludin Gorontalo ke Bandara Bolaang Mongondow, Manado Sitaro dan Bandara Miangas.

Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya menyebut, harga tiket  dari penerbangan perintis ini murah karena mendapat subsidi dari pemerintah, mellaui Kementerian Perhubungan.

Diharapkan dengan dibukanya jalur perintis ini, akan membuka akses ekonomi warga, dan mempercepat perkembangan daerah terpencil dari berbagai sisi ekonomi.

Baca Juga: PKS: Kita Tidak Tahu Hasil Pertemuan Jokowi dengan Surya Paloh, Jangan Nihilkan Kecurangan  

Penerbangan perintis akan dilakukan dua kali dalam seminggu. Pada kegiatan persmian penerbangan perisntis ini, Penjabat Gubernur juga sekaligus meresmikan galeri UMKM di bandara, sehingga bisa mmebuka dan mengembangkan pelaku UMKM yang ada di Gorontalo.

 

#penerbanganperintis

#bandaradjalaludin

#gorontalo

#kemenhub



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x