Kompas TV regional jawa timur

Kebakaran Bromo Merembet Hingga Kabupaten Malang

Kompas.tv - 11 September 2023, 21:48 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Kebakaran hutan dan lahan di Gunung Bromo merembet hingga wilayah Kabupaten Malang. Akibat kebakaran ini pihak taman nasional bromo tengger semeru menutup akses wisata ke Gunung Bromo dari wilayah Malang.

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kawasan padang savana bromo yang diakibatkan oleh kegiatan prewedding yang menyalakan flare semakin meluas. Sejak hari Minggu (10/09/2023) api menjalar hingga pos Jemplang, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Hingga Senin (11/09/2023) siang, petugas gabungan bersama sejumlah relawan terus melakukan upaya pemadaman api di sekitar kawasan Jemplang. Pemadaman dari jalur darat dengan memukul api dengan ranting pohon, juga menggunakan air. Selain itu pemadaman api juga dilakukan dengan water bombing dengan sebuah helikopter Super Puma.

Menurut Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Hendro Widjanarko, kombinasi pemadaman api dengan jalur udara dan darat cukup efektif. Hingga kini menurut kepala balai titik api sudah berkurang drastis.

"Di Jemplang Watu Gede ini masih ada asap, kami perkirakan sisa kebakaran tadi malam kita adakan penyisiran dan pendinginan," Terang Kepala BBTNBTS.

Sebelumnya, kebakaran bukit teletubbies yang berada di Gunung Bromo terjadi pada Rabu 6 September 2023. Kebakaran terjadi akibat aktivitas foto prewedding yang menyalakan flare. kebakaran tersebut terus meluas dari Probolinggo hingga Kabupaten Malang.

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x