Kompas TV regional kalimantan

P3SM Kalbar & Dinas PUPRKIM Kubu Raya Gelar Pelatihan Sertifikasi K3 Konstruksi Terampil

Kompas.tv - 6 Juli 2023, 21:15 WIB
p3sm-kalbar-dinas-puprkim-kubu-raya-gelar-pelatihan-sertifikasi-k3-konstruksi-terampil
Pelatihan Sertifikasi K3 Konstruksi Terampil (Sumber: P3SM Kalbar)
Penulis : KompasTV Pontianak

KALIMANTAN BARAT, KOMPAS.TV - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRKIM) Kabupaten Kubu Raya bekerja sama dengan Pusat Pembinaan Pelatihan dan Sertifikasi Mandiri (P3SM Kalbar) mengadakan pelatihan sertifikasi petugas K3 konstruksi dan pelaksana pemeliharaan jalan tingkat terampil, Rabu (05/7/23).

Baca Juga: P3SM Kalbar bersama Distrik Navigasi Tipe A Kelas III Pontianak Gelar Pelatihan

Kegiatan yang digelar di Gedung P3SM Kalbar itu dibuka oleh Kabid Cipta Karya Bapak Dedi Zulkarnaen, ST didampingi Ketua Perwakilan P3SM Kalbar Erwinsyah S,ST.MM. Pelatihan yang dibuka Rabu (05/7/2023) diikuti 30 orang peserta. Mereka mendapat pembekalan tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) konstruksi dan pelaksana pemeliharaan jalan oleh narasumber Rene Sianturi, Sukamto, Iswandi, dan Agus Helmi

Dalam sambutannya, mengingatkan para peserta agar serius mengikuti pelatihan yang digelar dua hari tersebut. Sebab, kegiatan ini merupakan momen yang sangat bagus bagi peserta untuk menambah pengetahuan tentang jabatan kerja masing-masing yang diambil.

Ia berharap, ke depan para peserta yang sudah lulus dan mendapat Sertifikat Kompetensi Kerja dapat memberikan dampak positif di tempat kerja masing-masing. Untuk itu, para peserta diimbau mencermati paparan narasumber dari awal sampai selesai.

Baca Juga: Dinas PUPR Kayong Utara bersama P3SM Kalbar Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Terampil

Erwinsyah menyebut, setelah mendapatkan pembekalan dalam pelatihan akan dilakukan assessment oleh asesor dari LSP-ASTEKINDO. Oleh sebab itu, diharapkan peserta agar jangan ada yang tidak serius atau bolos. Sebab, dalam dunia konstruksi seorang yang dinyatakan kompeten di bidang konstruksi harus juga dibuktikan dengan sertifikat sebagai tenaga ahli konstruksi, maupun tenaga terampil yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi resmi, salah satunya LSP-ASTEKINDO.

Pelatihan Sertifikasi K3 Konstruksi Terampil (Sumber: P3SM Kalbar)

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Bidang  Dedy Zulkarnaen, S.T. Ia mengatakan, pelaksanaan pembekalan dan uji kompetensi bagi tenaga terampil menjadi kewenangan kabupaten/kota. 

“Tenaga konstruksi harus bersertifikat merupakan bentuk keseriusan pengembangan diri, bentuk pengakuan kompetensi, serta mampu beradaptasi terhadap perubahan sistem ketenagakerjaan, dan menambahkan kepercayaan diri tenaga terampil. Ini juga kali kedua Dinas PUPRKIM Kubu Raya bekerja sama dengan P3SM Kalbar,” tutur Dedy.

Baca Juga: P3SM Kalbar Gelar Pelatihan & Uji Sertifikasi Kompetensi Konstruksi Ahli Muda di Kabupaten Landak



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x