Kompas TV regional berita daerah

Festival Sriwijaya ke 31 Ditutup Transaksi Ekonomi Capai Rp 1 Miliar

Kompas.tv - 27 Juni 2023, 14:52 WIB
festival-sriwijaya-ke-31-ditutup-transaksi-ekonomi-capai-rp-1-miliar
Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya, menabuh rebana penanda ditutupnya Festival Sriwijaya ke 31 di Pelataran Benteng Kuto Besak, Palembang, Senin (26/06) malam. (Sumber: Kompas TV Palembang)
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Sumatera Selatan (Sumsel) mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke event Festival Sriwijaya KE 31 yang di mulai pada 22 hingga 26 Juni 2023 di Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, mencapai 30.000 atau 75 persen orang.

"Sebelumnya kami menargetkan hanya 10-15 persen, tapi ini di luar target ada 75 persen yang hadir di Festival Sriwijaya ke 31, " kata Kepala Disbudpar Sumsel Aufa Syahrizal, Selasa (26/6), saat penutupan Festival Sriwijaya.

Aufa menyebutkan juga transaksi terjadi selama kegiatan Festival Sriwijaya ke hampir mencapai Rp 1 Miliar yang di sumbangkan dari hunian hotel, pembelian makanan dan minuman, oleh-oleh serta jasa pramuwisata dan travel agent.

"Kegiatan ini juga melibatkan 16.000 tenaga kerja selama lima hari, " kata dia.

Baca Juga: Memberi Ruang Lebih pada Para Pelaku Seni dalam Kepariwisataan di Festival Sriwijaya 2023

Selain itu, sebanyak 2.500 pelaku seni nasional dan lokal di Sumsel juga terlibat di event satu tahunan itu.

"Ada juga 50 pelaku ekonomi kreatif, komunitas dan asosiasi juga ikut terlibat dalam event ini, " kata dia.

Baca Juga: Meriahkan Pesta Rakyat, iForte Umumkan Pemenang iForte Film Festival di Festival Sriwijaya ke 31

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya menyebutkan melalui event Festival Sriwijaya ke 31 dapat menumbuhkan kembali perekonomian masyarakat di provinsi ini setelah diterpa pandemi Covid-19.

"Selain meningkatnya pertumbuhan ekonomi, kegiatan Ini dapat mempersatukan kita dengan Seni dan budaya yang dimiliki, sehingga kita dapat bersatu membangun Sumsel maju untuk semua,"kata dia didampingi Wakil Ketua TP-PKK Sumsel Fauziah.

Bahkan, Mawardi menginginkan dengan adanya Festival Sriwijaya ke 31 dapat menemukan bakat atau talenta terpendam yang dimiliki sekaligus memacu jiwa kompetitif generasi muda.

"Saya berharap anak muda dapat bersaing di tingkat nasional hingga ke tingkat internasional nasional,"kata dia. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x