Kompas TV regional berita daerah

Inovasi Alat Perebah, Permudah saat Pemotongan Sapi Kurban

Kompas.tv - 27 Juni 2023, 12:33 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Beginilah alat kotak perebah yang diciptakan panitia idul adha di RT 11 Lingkungan 1 Sukarame Bandar Lampung yang digunakan untuk mempermudah proses pemotongan sapi kurban.

Cara kerjanya, sapi kurban dimasukan dan diikat pada besi kotak tersebut lalu tinggal direbahkan, dengan seperti itu maka sapi yang berontak akan tertahan dan tidak bisa berlari sehingga mempermudah proses penyembelihannya.

Baca Juga: Jelang Idul Adha 2023, Harga Berbagai Kebutuhan Pokok Naik

Usai disembelih, selanjutnya sapi pun dipindahkan ketempat lainnya untuk proses pengulitan dan pembagian porsi daging yang akan dibagikan pada warga.

Menurut ketua panitia kurban, diciptakannya alat perebah ini lantaran sebelumnya proses penyembelihan sapi cukup sulit dan memakan waktu lama karena sapi yang selalu memberontak, namun dengan alat ini justru prosesnya lebih mudah dan waktu lebih cepat.

"Setelah kita gunakan alat ini memang lebih cepat dan sapi pun tidak berontak, penanganannya pun lebih baik," ujar Anton Sugiyopranoto, Ketua Panitia Qurban RT.11 Sukarame.

Untuk membuat 1 alat sederhana perebah sapi menghabiskan biaya sebesar 4 juta rupiah, yang tentu inovasi ini juga bisa ditiru oleh panitia penyembelihan hewan kurban lain untuk menhadapi hari raya idul adha mendatang.

#hewankurban #alatperebah #iduladha




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x