Kompas TV regional berita daerah

Universitas Udayana Jadi Tuan Rumah Nasional University Debating Championship - NUDC

Kompas.tv - 14 September 2022, 09:48 WIB
universitas-udayana-jadi-tuan-rumah-nasional-university-debating-championship-nudc
Pembukaan Nasional University Debating Championship (NUDC), dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat nasional, dengan Universitas Udayana sebagai tuan rumah (Sumber: Kompas TV Dewata)
Penulis : KompasTV Dewata

 

 

 

DENPASAR, KOMPAS TV - Universitas Udayana siap menjadi tuan rumah dari pelaksanaan dua kompetisi debat, yakni Nasional University Debating Championship (NUDC),  dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat nasional.

Jumlah peserta yang lolos memenuhi persyaratan mengikuti seleksi wilayah untuk NUDC sebanyak 448 tim, dan KDMI sebanyak 446 tim dari berbagai perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Dua tim diantaranya adalah mahasiswa Universitas Udayana, yang ikut pada kategori debat berbahasa Inggris, dan bahasa Indonesia.

Suasana peserta pembukaan NUDC dan KDMI di Universitas Ydayana, Denpasar, Bali. (Sumber: Kompas TV Dewata)

Ratusan mahasiswa ini akan berlomba mulai 11 hingga 17 September 2022 mendatang. Mahasiswa yang lolos pada tingkat internasional, akan Melanjutkan Perjuangannya Di Tingkat Dunia, Pada World university debating championship.

Wakil Rektor III Universitas Udayana, Prof Ir Ngakan Putu Gede Suardana mengatakan, pihaknya telah jauh-jauh hari menyiapkan diri untuk menjadi tuan rumah debat, sekaligus sebagai peserta debat itu sendiri. Terlebih event ini membawa nama Universitas Udayana, tentu harus harus berbuat dan berusaha semaksimal mungkin.

Wakil Rektor III Universitas Udayana, Prof Ir Ngakan Putu Gede Suardana (Sumber: Kompas TV Dewata)

Sementara itu, Ketua Panitia NUDC dan KDMI, Ni Luh Putu Trisnawati, S.S., M.Hum. mengatakan, dari 71 orang juri, 15 juri inti hadir langsung di Unud, dan sisanya secara daring. Meskipun berlangsung secara hybrid, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu wahana, untuk melatih mahasiswa dalam mengemukakan pendapatnya, melatih berpikir kritis, dan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan, baik di skala nasional maupun internasional.

Plt. Kepala Pusprenas, Asep Sukmayadi, memberikan apresiasi kepada peserta yang ikut kompetisi, dan Universitas Udayana sebagai tuan rumah. Menurutnya, talenta itu harus dikelola dengan baik melalui penguatan penanaman karakter Pancasila dan penguatan kualitas kampus merdeka. Ia berharap tahun ini lahir calon tim nasional yang akan mengikuti debat tingkat dunia  di Spanyol.

Pembukaan kompetisi debat juga diikuti secara daring oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi RI, Nadiem Makarim, Rektor Universitas Udayana, dan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kemendikbud Ristek. Acara pembukaan juga dirangkai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara UNUD dengan Puspresnas terkait pelaksanaan NUDC dan KDMI. Sebelumnya, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan  Kebudayaan  Riset dan Teknologi, melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia menggelar seleksi tingkat wilayah National University Debating Championship (NUDC), dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI), di Universitas Udayana Bali, pada Juni  lalu.

 

 

 

 

 

#unuversitasudayana  #NUDC   #KDMI




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x