Kompas TV regional berita daerah

Panada Tore Cemilan Khas Gorontalo Yang Laris Manis

Kompas.tv - 27 Mei 2022, 17:52 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS TV - Pada biasanya kue Panada dikenal memiliki tekstur lembut seperti roti. Nah Di Gorontalo ada olahan cemilan Panada Tore yang mirip namun sedikit berbeda. Sama - sama berisi abon ikan namun panada tore memiliki teksture renyah dengan ukuran yang lebih kecil.

Salah satu usaha kecil menegah tinelo milik Aty Tomayahu di Desa Luhu Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo ini memproduksi Panada tore.

Dari bentuknya, panada tore mengundang daya tarik tersendiri untuk mencicipinya. rasanya gurih, kemasanyapun sederhana dan bisa dibawa kemana mana seperti cemilan pada biasanya.

Namun tahukah anda, dalam proses pembuatannya sedikit lebih rumit daripada membuat kue panada. Bagi pengelola, pemilihan bahan harus lebih teliti karena kesalahan memilih bahan akan mempengaruhi citarasanya.

Ikan yang digunakanpun harus ikan tuna segar dengan ukuran sedang. Proses pembuatan adonannya, juga dilakukan secara cermat.

Mengalami pasang surut sejak mengawali usahanya, kini panada tore yang diproduksinya sudah dikenal luas oleh warga. selain sebagai cemilan, panada tore juga diburu wisatawan yang berkunjung ke Gorontalo.

Selain memproduksi panada Tore, Aty Tomayahu juga membuat olahan kue varian lain, seperti Pia, Baggea dan Kolombengi.

 

#panadatore

#umkm

#gorontalo




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x