Kompas TV regional berita daerah

Uniknya Langgar Tugel Gisikdrono

Kompas.tv - 21 Desember 2020, 15:56 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Langgar atau musholla yang berada di Kota Semarang ini tergolong unik. Bagaimana tidak? langgar ini dibangun dalam kondisi tidak utuh atau hanya separo saja, sedangkan separonya dibangun di tempat lain yang berjarak sekitar 3 kilometer. Langgar dengan bentuk bangunan hanya separo ini diberi nama langgar Setugel Gisikdrono. Langgar atau tempat ibadah untuk umat muslim ini letaknya berada di depan Kelurahan Gisikdrono, Semarang.

Langgar Setugel ini dibangun dengan desain  Jawa, seperti langgar yang ada di tengah desa pada umunnya. Uniknya, bentuk bangunan langgar ini tidak utuh atau hanya separo saja, sementara separo lagi akan dibangun di lokasi lain yang jaraknya sekitar 3 kilometer dari Kelurahan Gisikdrono. Lokasi langgar separo sisanya rencananya akan dibangun di Kampung Wisata Seni Budaya Jatisari, Gisikdrono, Semarang yang untuk sementara masih berupa miniatur langgar separo.

Langgar Setugel Gisikdrono, Semarang ini dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada tokoh masyarakat jaman dulu yaitu Mbah Sabar Drono, yang merupakan pendiri Kampung Gisikdrono. Langgar Setugel ini juga diharapkan bisa mendongkrak kawasan RW 13 Kampung Jatisari Gisikdrono sebagai destinasi lokasi wisata baru di Kota Semarang. Layaknya tempat ibadah pada umumnya, Langgar Setugel ini diperuntukan untuk umum. Masyarakat luas bisa memanfaatkan langgar ini untuk beribadah.

 

#LanggarSetugel #Gisikdrono #DestinasiWisata


 


 


 

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x