Kompas TV regional berita daerah

Pandemi, Perajin Tape Berinovasi Membuat Kue Gabin

Kompas.tv - 14 Desember 2020, 15:18 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pandemi Covid-19 membuat banyak pelaku usaha kecil menengah (UMKM) yang harus banting stir mencari peluang usaha yang menguntungkan. Salah seorang pedagang warung makan, warga Talun Kacang, Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, harus beralih profesi menjadi perajin tape dan berinovasi mengolah tape menjadi kue gabin, jajanan kekinian yang lagi ngehits saat ini.

Sebelum pandemi Covid-19, Sulastri, perajin tape singkong kuning ini mampu memproduksi tape hingga 100 kilogram setiap hari. Namun di awal bulan November 2020 ini, bisnis tape singkong terkendala dengan sepinya permintaan dan bahan baku singkong.

Agar bisnisnya terus berjalan, Sulastri berinovasi mengolah tape singkong menjadi jajanan kekinian yang saat ini baru ngehits, yakni kue gabin isi tape. Proses pembuatan kue gabin ini cukup sederhana, bahan dasarnya pun mudah didapat, seperti kue kering, tepung terigu, gula, garam, vanili, susu kental manis, dan tape singkong.

Semua bahan dicampur sesuai takaran, kecuali kue kering. Lalu oleskan adonan ke kue kering dan rapikan sisi-sisinya. Setelah semua kue kering selesai diolesi adonan, kue gabin di masukkan ke dalam kulkas hingga mengeras. Jika tekstur kue gabin sudah keras kemudian baru bisa di goreng hingga matang kecoklatan. Hmmm kue gabin isi tape, jajanan kekinian yang lagi ngehits ini siap untuk dikemas dan dijual.

"Banyak penurunan mbak, cuma saya menyelamatkan tape yang tidak habis terjual tadi, minat saya tetep tapeku laku terus gitu" ujar Sulastri.

Kue gabin isi tape singkong dijual Rp 1.500 per buah. Selama pandemi, kue gabin ini lebih banyak dipasarkan secara online. Namun sesekali Sulastri juga menerima pesanan kue gabin dari tetangganya.

#KueGabin #TapeSingkong #Pandemi

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x