Kompas TV regional viral

Ingat Anak Jadi Alasan Tukang Parkir Foto Pemulung yang Mengaji di Pinggir Jalan

Kompas.tv - 13 November 2020, 20:02 WIB
ingat-anak-jadi-alasan-tukang-parkir-foto-pemulung-yang-mengaji-di-pinggir-jalan
Hermawan, juru parkir jalan Braga Kota Bandung yang mengambil foto Akbar pemulung mengaji yang viral. (Sumber: KOMPAS.COM/ARI MAULANA KARANG)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terkenalnya Akbar pemulung dari Garut yang viral, tidak lepas dari peran seorang juru parkir yang membagikan foto remaja itu di media sosial. Juru parkir tersebut adalah Hermawan, pria berusia 40.

Hermawan memiliki akun Instagram @awan_rozy, sengaja memotret Akbar yang sedang mengaji di pelataran Jalan Braga, Kota Bandung, pada tanggal 27 Oktober 2020 saat gerimis.

Hermawan mengambil foto Akbar yang sedang mengaji dengan pakaian lusuh dan karung pemulung di sampingnya karena hal itu bukan pemandangan biasa.

“Ya, lagi hujan-hujan, ada anak ngaji kan, ya saya foto aja, karena itu kan pemandangan yang gimanalah gitu bagi saya,” katanya saat dihubungi lewat telepon oleh wartawan.

Baca Juga: Kisah Muhammad Ghifari Akbar, Pemulung yang Fotonya Viral Saat Ngaji di Trotoar

Hermawan mengaku, sebelumnya ia tidak pernah melihat sosok Akbar di Jalan Braga tempat Hermawan bekerja.

“Pas ada konsumen yang minta diantar ke toko seberang pakai payung karena hujan, saya antar. Pas ke toko seberang, saya lihat dia lagi ngaji, pas kembali, dia masih ngaji,” katanya.

Setelah memotret Akbar, Hermawan tidak langsung membagikan foto tersebut di akun sosmed miliknya. Baru pada malam harinya sekitar pukul 19.00 WIB, ia membagikan foto tersebut di akun Facebook miliknya. Namun, ia segera menghapus unggahan itu karena merasa kasihan kepada anak tersebut.

“Setelah di-posting di Facebook jam 7 malam, pikiran saya berubah, kasihanlah, dalam hati saya bilang biarlah ini jadi konsumsi saya saja,” katanya.

Baca Juga: Syekh Ali Jaber akan Umrohkan Akbar Pemulung yang Viral

Namun, entah mengapa malam itu juga pikirannya kembali berubah hingga foto tersebut kembali diunggah di Facebook sekitar pukul 21.30 WIB. Foto tersebut juga diunggah di Instagramnya. Setelah foto tersebut diunggah di akun IG miliknya.

Awan mengaku banyak orang yang menghubunginya untuk meminta bantuan menghubungi pemulung itu karena ingin memberi bantuan. Namun, ia tidak mengetahui keberadaan anak tersebut.

“Viral atau enggaknya, itu mah sudah jadi ketentuan yang di atas. Saya moto anak kecil yang suka ngaji itu. Karena satu (alasannya), anak saya juga lagi program hafiz, saya suka kalau ada anak kecil, apalagi lagi hujan-hujan dan pemulung yang ngaji, ini pemandangan luar biasa,” kata bapak dua anak ini.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x