Kompas TV regional berita daerah

Dua Hari Dicari, Warga Jombang Positif Corona Ditemukan

Kompas.tv - 7 Agustus 2020, 11:27 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Dua hari dalam pencarian, warga Jombang yang dinyatakan positif covid-19 akhirnya ditemukan di Jalan Trans Kalimantan, Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya.

Baca Juga: Penumpang Dua Maskapai Rute Surabaya-Pontianak Diminta Melapor ke Dinkes

Dinas Kesehatan dan kepolisian langsung menjemput warga berinisial IS untuk membawanya ke Rumah Susun Nipah Kuning, di Pontianak Barat. IS diwajibkan menjalani isolasi dan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

Selama melarikan diri, IS bahkan sempat bersembunyi di hutan. Ia mengaku nekat melarikan diri, karena panik dan takut ketika diminta menjalani isolasi.

“Di pikiran saudara IS, isolasi itu seperti dikucilkan, sehingga ia menolak untuk diisolasi,” tutur Harisson, Kepala Dinas Kesehatan Kalbar.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson, memastikan jika kondisinya sehat dan dinyatakan negatif covid-19, yang bersangkutan akan dipulangkan ke daerah asalnya di Jombang, Jawa Timur. Lokasi yang sempat menjadi persinggahan IS pun akan disterilisasi.

Sebelumnya, IS yang tiba ke Kalimantan Barat menggunakan pesawat Citilink dari Surabaya dinyatakan reaktif dalam rapid tes acak di Bandara Internasional Supadio. Melalui tes PCR di Laboratorium Rumah Sakit Untan, IS terkonfirmasi positif covid-19.

Baca Juga: Satu Warga Asal Jombang Positif Covid-19 Kabur dari Hotel

Untuk mencegah potensi penularan virus, Dinas Kesehatan akan melacak penumpang di pesawat yang sama dengan IS dan mewajibkan para penumpang menjalani rapid test dan swab test.

Dinas Kesehatan mengingatkan masyarakat agar kasus serupa tidak terulang, sebab ada ancaman kurungan satu tahun penjara hingga denda 100 juta rupiah yang menanti karena membahayakan kesehatan masyarakat.

Simak informasi lain dari Kota Pontianak dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.

#Covid19 #Corona #PasienCovid




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x