Kompas TV pendidikan beasiswa

Bertepatan Hari Santri, Kemenag Komitmen Sediakan Beasiswa dan Program Kemandirian Pesantren

Kompas.tv - 18 Oktober 2024, 02:38 WIB
bertepatan-hari-santri-kemenag-komitmen-sediakan-beasiswa-dan-program-kemandirian-pesantren
Minimart Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur, salah satu inisiasi Program Kemandirian Pesantren yang sukses membuat pesantren mewujudkan badan usaha sendiri atau Badan Usaha Milik Pesantren (Sumber: Dok Ditjen Pendis Kemenag)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama (Kemenag), Basnang Said mengatakan, bertepatan dengan Hari Santri, pemerintah berkomitmen menyediakan dana sebesar Rp139 triliun dalam bentuk beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). 

Dana itu akan diberikan dalam bentuk beasiswa program degree dan short course ke luar negeri bagi ustaz dan santri dari pondok pesantren di seluruh Indonesia. Untuk tahun 2024 ini, dana yang disiapkan mencapai Rp250 miliar.

Baca Juga: SKD CPNS Kemenag Dimulai 18 Oktober 2024, Ini Link Jadwal dan Lokasinya

Rombongan pertama penerima beasiswa ini telah berangkat Rabu (16/10/2024) kemarin, yaitu sekelompok calon mahasiswa yang akan tugas belajar ke Jordania. 

"Dalam waktu dekat menyusul yang ke Amerika Serikat dan Inggris," katanya di Jakarta, Kamis (17/10/2024). 

Basnang Said menjelaskan, program ini adalah salah satu implementasi UU No 18 Tahun 2019 tentang Pesantren yang telah diatur dalam Perpres Nomor 82 Tahun 2021 tentang Dana Abadi Pesantren.

Dalam satu dekade terakhir, afirmasi pemerintah terhadap pesantren naik pesat setelah adanya UU Pesantren. 

Selain Dana Abadi Pesantren, Kemenag juga menginisiasi Program Kemandirian Pesantren yang telah sukses membuat pesantren mewujudkan badan usaha sendiri. 

Sejak diperkenalkan tahun 2023, kini program ini telah menjangkau 2074 pesantren yang menerima bantuan inkubasi dengan 275 jenis usaha.

Untuk tahun 2024, sebanyak 1500 pesantren akan menerima bantuan ini, namun yang sudah cair baru 836 pesantren. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x