Kompas TV pendidikan edukasi

Naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2024, Diucapkan Saat Upacara Bendera 1 Oktober

Kompas.tv - 30 September 2024, 09:15 WIB
naskah-ikrar-hari-kesaktian-pancasila-2024-diucapkan-saat-upacara-bendera-1-oktober
Ilustrasi. Naskah ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2024 (Sumber: Tribun Banten)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 pada besok, Selasa (1/10/2024) ditandai oleh pembacaan ikrar yang ditandatangani oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani atas nama Bangsa Indonesia. 

Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan menjadi hari peringatan nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 153 Tahun 1967 dan mulai dilaksanakan sejak 1975.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September (G30S) pada tahun 1965.

Baca Juga: Hari Ini Diimbau Kibarkan Bendera Setengah Tiang 30 September 2024, Ini Alasannya

Di tingkat pusat, upacara Hari Kesaktian Pancasila digelar pada Selasa, 1 Oktober 2024 pukul: 08.00-08.31 WIB di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jawa Timur.

Selain di tingkat pusat, upacara juga akan digelar di kementerian/lembaga pusat, instansi daerah dan lembaga pendidikan di berbagai tingkatan.

Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2024 dibaca sebagai komitmen untuk menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Berikut bunyi naskah ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2024

IKRAR

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Baca Juga: Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024 Apakah Libur? Simak Jadwalnya Menurut SKB 3 Menteri

bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara;

bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jakarta, 1 Oktober 2024

Atas Nama Bangsa Indonesia

Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x