Kompas TV pendidikan edukasi

Menang Hibah Kemdikbudristek, Akademisi UMJ Teliti Komunikasi Kelompok PMI Purna di Lombok Timur

Kompas.tv - 5 September 2024, 01:30 WIB
menang-hibah-kemdikbudristek-akademisi-umj-teliti-komunikasi-kelompok-pmi-purna-di-lombok-timur
Salah satu tim peneliti Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) memenangkan hibah penelitian dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemdikbudristek 2024. Tim terdiri dari tiga akademisi UMJ, yakni Dr. Nani Nurani Muksin, M. Si (ketua), Dr. Oktaviana Purnamasari, M, Si (anggota) dan Jumail, M. Sc (anggota). (Sumber: Dok KSU-UMJ)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Deni Muliya

LOMBOK TIMUR, KOMPAS.TV – Salah satu tim peneliti Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) memenangkan hibah penelitian dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemdikbudristek 2024.

Tim itu terdiri dari tiga akademisi UMJ, yakni Dr. Nani Nurani Muksin, M. Si (ketua), Dr. Oktaviana Purnamasari, M, Si (anggota) dan Jumail, M. Sc (anggota).

Baca Juga: Di Peringatan Hapernas 2024, UMJ Resmi Terima Pengelolaan Rusunawa dari Kementerian PUPR

Pada penelitian kali ini, para akademisi itu membahas persoalan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang telah kembali ke Tanah Air setelah selesai bekerja di luar negeri atau sering disebut dengan PMI purna. 

“Penelitian yang kami lakukan saat ini mempunyai concern pada pemberdayaan paraPMI purna,” kata Nani Nurani Muksin, Ketua Tim Peneliti UMJ dari Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (4/9/2024).

Lokasi penelitian yang dipilih berada di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menurut Nani, dipilihnya Lombok Timur karena sebagai daerah pengirim PMI terbanyak kedua di Indonesia setelah Indramayu.

Untuk itulah, pada 26 Agustus lalu, tim tersebut berkesempatan berdiskusi dengan Pj. Bupati Lombok Timur, H.M. Juaini Taofik.

Taofik menjelaskan, sebagai daerah pengirim PMI terbanyak kedua di Indonesia setelah Indramayu, Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur berupaya membina paraPMI purna sehingga mampu berdaya secara ekonomi setelah pulang merantau. 

Pemberdayaan ekonomi ini dilakukan dengan mendorong mereka berwirausaha memanfaatkan potensi lokal. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x