Kompas TV pendidikan sekolah

Cek Materi MPLS 2024 untuk Siswa SD, SMP, SMA, dan SMK: Ada Soal Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Kompas.tv - 9 Juli 2024, 23:00 WIB
cek-materi-mpls-2024-untuk-siswa-sd-smp-sma-dan-smk-ada-soal-kesadaran-berbangsa-dan-bernegara
Ilustrasi pelajar SMA mengerjakan tugas. Pasca penerimaan siswa baru di lingkup SD, SMP, SMK dan sederajat, saat ini tengah berlangsung kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2024. (Sumber: kompas.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Selama kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2024, siswa harus dikenalkan dengan sejumlah materi, salah satunya terkait kesadaran berbangsa dan bernegara.

Kesadaran berbangsa dan bernegara dalam MPLS 2024 mencakup pemahaman bahwa individu yang hidup di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus memiliki sikap dan perilaku yang tumbuh dari kemauan diri yang ikhlas untuk bertindak demi kebaikan bangsa dan negara.

Untuk mewujudkan kesadaran berbangsa dan bernegara, seorang pemuda harus berusaha mempertahankan negara dari ancaman yang dapat mengganggu kelangsungan hidup bermasyarakat yang didasarkan pada cinta tanah air.

Berikut ini adalah rincian materi MPLS 2024 mengenai kesadaran berbangsa dan bernegara, berdasarkan informasi dari laman Disdik Kabupaten Sleman dan Kemdikbud Ristek.

Materi MPLS 2024: Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

1. Cinta Tanah Air

Negara kita yang luas dan kaya sumber daya perlu dicintai. Kesadaran bela negara didasarkan pada kecintaan kepada tanah air.

Ini dapat diwujudkan dengan mengetahui sejarah negara, melestarikan budaya, menjaga lingkungan, dan menjaga nama baik negara.

2. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Kesadaran berbangsa dan bernegara adalah sikap yang harus sesuai dengan kepribadian bangsa yang dikaitkan dengan cita-cita dan tujuan hidup bangsanya.

Ini dapat diwujudkan dengan mencegah perkelahian antar individu atau kelompok dan menjadi anak bangsa yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Baca Juga: Jadwal Masuk Sekolah dan MPLS Tahun Ajaran 2024/2025 di Jawa Barat Menurut Kalender Pendidikan

3. Pancasila

Pancasila adalah ideologi kita yang diwariskan oleh para pahlawan.

Pancasila bukan hanya sekedar teori, tetapi harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat pemersatu keberagaman di Indonesia.

4. Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara

Bela negara memerlukan pengorbanan. Contohnya seperti atlet yang bekerja keras untuk mengharumkan nama negara meskipun harus mengorbankan waktu dan tenaga.




Sumber : Kompas TV, Tribun News




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x