Kompas TV pendidikan sekolah

Apa itu Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024, Kompetisi Bergengsi untuk Pelajar Indonesia

Kompas.tv - 9 Juli 2024, 14:05 WIB
apa-itu-olimpiade-sains-nasional-osn-2024-kompetisi-bergengsi-untuk-pelajar-indonesia
Logo Olimpiade Sains Nasional (OSN). (Sumber: Kemdikbud)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah ajang kompetisi sains yang sangat dinantikan oleh pelajar di seluruh Indonesia.

Sebagaimana dikutip dari situs Kemdikbud, kompetisi ini diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional dan mencakup peserta dari tingkat SD, SMP, hingga SMA.

Olimpiade ini sempat berganti nama menjadi Kompetisi Sains Nasional atau KSN. Namun, kembali lagi menjadi nama awal pada 2022.

Kompetisi ini dirancang untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi di kalangan pelajar Indonesia, melalui seleksi yang berjenjang mulai dari tingkat sekolah hingga nasional.

OSN tidak hanya mencakup cabang ilmu eksakta seperti Matematika, Fisika, dan Kimia, tetapi juga memasukkan cabang seperti Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Baca Juga: Jelang Olimpiade Paris 2024, Presiden Jokowi akan Lepas Kontingen Indonesia Pekan Depan

Tujuan dari penyelenggaraan OSN adalah untuk menemukan dan mengembangkan peserta didik yang berbakat dan berkarakter, serta mempersiapkan mereka untuk kompetisi tingkat internasional.

Kompetisi ini juga bertujuan untuk mendorong pemerataan prestasi dan memberikan kesempatan yang sama bagi pelajar dari berbagai daerah di Indonesia untuk menunjukkan potensi mereka.

Selain itu, OSN bertujuan membangun atmosfer kompetisi yang sehat dan meningkatkan basis data nasional tentang pelajar yang memiliki bakat dalam bidang sains.

Dengan adanya kompetisi ini, diharapkan akan muncul lebih banyak pelajar yang siap menghadapi tantangan global dan memberikan kontribusi dalam pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tujuan Penyelenggaraan OSN

OSN memiliki beberapa tujuan utama, dilansir dari buku Pedoman OSN SMA-MA antara lain adalah berikut ini.

  1. Mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mereka mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, demi mewujudkan bangsa yang unggul.
  2. Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dari seluruh pelosok Indonesia.
  3. Membangun atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat di kalangan peserta didik.
  4. Menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang berkesinambungan.

Selain tujuan utama tersebut, OSN juga memiliki tujuan khusus, yaitu:

  1. Menyelenggarakan seleksi peserta didik secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional, untuk kompetisi dalam cabang lomba seperti Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.
  2. Mendapatkan calon peserta untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi sains tingkat internasional.
  3. Membangun basis data nasional peserta didik yang bertalenta dalam bidang sains.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x