Kompas TV pendidikan sekolah

Panduan Cek Status Pencairan PIP Kemdikbud 2024 Tahap 1 Via HP Klik pip.kemdikbud.go.id

Kompas.tv - 26 Maret 2024, 12:20 WIB
panduan-cek-status-pencairan-pip-kemdikbud-2024-tahap-1-via-hp-klik-pip-kemdikbud-go-id
Berikut adalah cara untuk melakukan pengecekan data siswa Program Indonesia Pintar (PIP) di pip.kemdikbud.go.id Agustus 2023. (Sumber: Kemdikbud)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hingga saat ini, pemerintah belum merilis informasi resmi mengenai tanggal pasti penyaluran atau pencairan dana Program Indonesia Pintar (PIP) Kemdikbud tahap pertama tahun 2024.

Namun, para siswa yang terdaftar sebagai penerima manfaat tak perlu terlalu mengkhawatirkan hal tersebut. Pasalnya, mereka dapat memantau secara mandiri status pencairan bantuan PIP Kemdikbud 2024 tahap 1 melalui laman pip.kemdikbud.go.id yang telah dilengkapi dengan fitur pengecekan khusus.

Baca Juga: Pakai Data NIK dan NISN, Simak Panduan Status Penerima PIP Kemdikbud 2024 Tahap 1 Pakai HP

Untuk mengecek apakah dana PIP Kemdikbud 2024 tahap 1 sudah masuk ke rekening Anda sebagai penerima manfaat, ikuti panduan lengkap berikut ini.

Cara Cek Status Pencairan PIP 2024

  • Pertama, buka terlebih dahulu laman pip.kemdikbud.go.id melalui browser, baik itu di perangkat HP ataupun PC.
  • Kemudian, masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai yang tertera di Kartu Keluarga Anda. Selanjutnya, lengkapi dengan memasukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) milik Anda sendiri.
  • Setelah kedua kolom terisi dengan benar, klik pada menu 'Cek Penerima PIP'.
  • Tunggu sejenak hingga sistem memproses data yang Anda masukkan.

Baca Juga: Cek Penerima Beasiswa PIP Enterprise Kemdikbud Maret 2024, Klik pip.kemdikbud.go.id Pakai HP

Jika dana PIP Kemdikbud 2024 tahap 1 sudah dicairkan dan masuk ke rekening Anda, maka Surat Keputusan (SK) Pemberian akan muncul di layar setelah Anda melakukan pengecekan menggunakan NIK dan NISN tadi. SK Pemberian tersebut merupakan tanda bahwa dana bantuan sudah dapat Anda terima.

Adapun nominal atau besaran bantuan PIP Kemdikbud 2024 dibedakan berdasarkan jenjang pendidikan para penerima manfaat. Untuk siswa SD/SDLB/Paket A, besaran bantuan adalah Rp 450.000 per tahun, namun siswa baru dan kelas akhir hanya mendapat Rp 225.000.

Baca Juga: Syarat Beasiswa Unggulan April-Mei Kemdikbud 2024: Prestasi, Pegawai Kementerian, dan Disabilitas

Sementara itu, siswa SMP/SMPLB/Paket B menerima Rp 750.000 per tahun, atau Rp 375.000 bagi siswa baru dan kelas akhir.

Terakhir, siswa SMA/SMK/SMALB/Paket C mendapat Rp 1.800.000 per tahun, sedangkan siswa baru dan kelas akhir menerima Rp 900.000.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengecek Status Pencairan dan Penerima PIP Kemdikbud Maret 2024 SD, SMP, SMA?

Dana PIP Kemdikbud 2024 akan disalurkan melalui ATM bank BNI, BRI, dan BSI (khusus untuk wilayah Aceh) sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Demikianlah panduan lengkap yang dapat Anda ikuti untuk memeriksa status pencairan dana PIP Kemdikbud 2024 tahap 1 dengan menggunakan NIK dan NISN milik Anda sendiri. Informasi ini diharapkan dapat membantu dan memudahkan para penerima manfaat PIP dalam memantau proses penyaluran bantuan pendidikan yang mereka terima.

Baca Juga: Cek Siapa Saja Penerima PIP Kemdikbud 2024 Pakai Data NIK dan NISN, Klik pip.kemdikbud.go.id



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x