Kompas TV pendidikan sekolah

Link Cek Siswa Penerima PIP Oktober 2023 Pakai SiPintar via HP di pip.kemdikbud.go.id

Kompas.tv - 23 Oktober 2023, 11:43 WIB
link-cek-siswa-penerima-pip-oktober-2023-pakai-sipintar-via-hp-di-pip-kemdikbud-go-id
Halaman depan situs Program Indonesia Pintar atau PIP Kemdikbud yang digunakan untuk mengecek data penerima PIP. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penerima Manfaat Program Indonesia Pintar (PIP) pada bulan Oktober 2023 akan segera menerima bantuan keuangan yang mencakup berbagai kebutuhan pendidikan.

PIP tidak hanya berfokus pada pemberian uang tunai; program ini memiliki tekad kuat untuk membantu siswa dari keluarga yang mengalami keterbatasan ekonomi agar dapat mengakses pendidikan berkualitas.

Program PIP mencakup berbagai tingkat pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Baca Juga: Cek Siswa SD, SMP, SMA Penerima PIP Kemdikbud Oktober 2023 di pip.kemdikbud.go.id via HP

Bantuan yang diberikan kepada siswa melalui PIP dapat digunakan untuk membeli buku pelajaran, peralatan sekolah, biaya transportasi, dan memenuhi berbagai kebutuhan pendidikan lainnya.

Selain pendidikan formal, PIP juga mencakup pendidikan non-formal dan pendidikan khusus, menjadikannya solusi komprehensif untuk berbagai masalah dalam dunia pendidikan.

Bagi siswa yang ingin memeriksa status penerimaan mereka sebagai penerima PIP, Anda dapat melakukannya dengan mudah melalui ponsel. Berikut adalah panduan sederhana untuk melakukan cek PIP di bulan Oktober 2023.

Baca Juga: Panduan Cek PIP Lewat HP Oktober 2023 di pip.kemdikbud.go.id, Siswa SD, SMP, SMA Dapat Bantuan

Cara Cek Status Penerimaan PIP Kemdikbud Oktober 2023 Lewat Ponsel

  1. Siapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK): Diperlukan untuk identifikasi atau Nomor Induk Siswa Nasional (NISN): Identifikasi siswa yang diberikan oleh sekolah.
  2. Kunjungi situs resmi SiPintar PIP Kemdikbud di pip.kemdikbud.go.id.
  3. Masukkan NIK dan NISN dengan benar.
  4. Klik "Cek Status Penerima PIP" untuk melihat status penerimaan dan rincian bantuan yang akan Anda terima.

Setelah mengklik tombol "Cek Status Penerima PIP," Anda akan dapat melihat apakah Anda telah diterima sebagai penerima PIP dan rincian bantuan yang akan Anda terima.

Baca Juga: Cek 4 Bansos yang Cair Bulan Oktober 2023: Ada BPNT, PKH, PIP Kemdikbud, dan BLT Dana Desa

Rincian bantuan PIP bervariasi berdasarkan tingkat pendidikan:

  • Siswa SD atau setingkatnya: Menerima Rp450 ribu per tahun. Bantuan akan dibagi menjadi Rp225 ribu untuk kelas VI semester genap dan kelas I semester ganjil.
  • Siswa SMP atau setingkatnya: Menerima Rp750 ribu per tahun. Siswa kelas IX semester genap dan kelas VII semester ganjil akan menerima Rp375 ribu per tahun.
  • Siswa SMA atau setingkatnya: Menerima bantuan sebesar Rp1 juta per tahun. Siswa kelas XII semester genap dan kelas X semester ganjil akan menerima Rp500 ribu per tahun.

Dengan bantuan ini, diharapkan siswa dari keluarga yang mengalami keterbatasan ekonomi dapat terus mengejar impian mereka melalui pendidikan berkualitas.

Baca Juga: Panduan Cek Data Penerima Bantuan PIP Kemdikbud Oktober 2023 di pip.kemdikbud.go.id Pakai HP




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x