Kompas TV otomotif ranger oto

VinFast Bangun Pabrik Rp 3,2 Triliun di Subang: Sasar Pasar Mobil Listrik Wilayah Timur Indonesia

Kompas.tv - 15 Juli 2024, 21:34 WIB
vinfast-bangun-pabrik-rp-3-2-triliun-di-subang-sasar-pasar-mobil-listrik-wilayah-timur-indonesia
Pejabat terkait bersesi foto usai groundbreaking pabrik VinFast di Subang, Jawa Barat Senin (15/7/2024) (Sumber: VinFast Automobile Indonesia)
Penulis : Fajar Hardipradana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – VinFast Auto resmi groundbreaking pabrik perakitan kendaraan listrik barunya di Subang, Jawa Barat, Indonesia Senin (15/7/2024). Ini menjadi salah satu bukti keseriusan produsen mobil asal Vietnam itu dalam berinvestasi dan mengekspansi pasar mobil listrik di Indonesia.

Dengan nilai investasi VinFast sekitar 200 juta dolar AS atau senilai Rp 3,2 triliun, pabrik yang memiliki luas lahan sekitar 170 hektar tersebut akan dibangun beberapa area produksi utama seperti body shop, general assembly shop, paint shop, dan area pengujian.

Kepala Staf Presiden Moeldoko menyatakan kehadiran VinFast di Indonesia tidak hanya akan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah, tetapi juga membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Pemerintah Indonesia sangat mendorong investasi asing masuk ke negara kita, khususnya di bidang industri otomotif. Kami yakin kehadiran VinFast akan membawa inovasi teknologi dan transfer pengetahuan yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya saing industri otomotif nasional," ucap Moeldoko.

Pabrik yang baru beroperasi di tahun 2025 dengan kapasitas sekitar 50.000 kendaraan per tahun ini direncanakan mulai beroperasi pada akhir 2025 dengan model yang mereka miliki seperti VF5, VF6, VF7, dan VF3.

CEO VinFast Indonesia Temmy Wiradjaja, mengatakan pemilihan Subang sebagai tempat VinFast membangun pabriknya karena memiliki wilayah yang strategis untuk mengakomodasi pasar Indonesia bagian timur.

CEO VinFast Indonesia Temmy Wiradjaja dalam konferensi pers bersama wartawan dalam groundbreaking pabrik VinFast di Subang, Jawa Barat, Senin (15/7/2024) (Sumber: Ranger Oto)

“Memang kalau dibandingkan dengan Karawang lebih dekat sedikit ke Jakarta. Tapi ini pun kita memang mengakomodasi ke wilayah Indonesia bagian timur dalam artian Jawa Tengah, Jawa Barat. Seperti itu, ya,” kata Wiradjaja.

Dia menambahkan nilai tambah Subang dalam pengembangan pabrik VinFast yakni akses moda.

“Di sepanjang jalan ini ada banyak pabrikan-pabrikan komponen yang saya pikir ini juga dalam satu jalur yang bisa saling mendukung,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa acara groundbreaking ini, yang diadakan hanya beberapa bulan setelah debut pasar resmi VinFast di Indonesia, menandai tonggak penting dalam strategi ekspansi perusahaan di kawasan Subang.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x