Kompas TV olahraga sports

Jokowi Dipastikan Hadir di Pembukaan Peparnas XVII 2024 di Solo Malam Ini

Kompas.tv - 6 Oktober 2024, 16:35 WIB
jokowi-dipastikan-hadir-di-pembukaan-peparnas-xvii-2024-di-solo-malam-ini
Presiden Joko Widodo direncanakan menghadiri seremoni pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII tahun 2024 di Stadion Manahan. (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan menghadiri seremoni pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII tahun 2024 di Stadion Manahan, Surakarta, pada Minggu malam, (6/10/2024).

Berdasarkan pernyataan dari Sekretariat Presiden, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana telah tiba di Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, pada siang tadi.

Sesampainya di sana, Presiden disambut dengan hangat oleh beberapa pejabat daerah, termasuk Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, serta Danlanud Adi Soemarmo Marsma TNI Bambang Juniar Djatmiko. 

Pekan Paralimpiade Nasional XVII akan berlangsung di Solo mulai 6 hingga 13 Oktober 2024, dengan melibatkan lebih dari 3.000 atlet, 1.576 pelatih serta ofisial, dan ribuan suporter dari seluruh provinsi di Indonesia. 

Sejak 1 Oktober, para atlet dan ofisial sudah mulai berdatangan ke Solo, dan Pemerintah Kota Solo memastikan bahwa seluruh fasilitas pertandingan telah siap digunakan.

Baca Juga: Pastikan Kondisi Fisik sebelum Bertugas di Peparnas XVII 2024 Solo, Sukarelawan Jalani Tes Kesehatan

Panitia Besar Peparnas menyatakan bahwa segala persiapan telah rampung dan acara pembukaan yang akan berlangsung di Stadion Manahan pada Minggu malam ini akan menandai dimulainya kompetisi nasional tersebut.

"Kami ingin menyampaikan bahwa kami siap melaksanakan Peparnas ke-17 tahun 2024. Meski persiapannya sangat singkat, tetapi alhamdulillah semua bisa dilaksanakan berkat dukungan dari seluruh pihak," ujar Ketua Pelaksana PB Peparnas 2024 DB Susanto di ruang media Peparnas 2024, Solo, Minggu.

Meskipun menghadapi berbagai tantangan, termasuk beberapa provinsi yang sempat menyatakan ketidaksiapan mereka karena keterbatasan anggaran, Peparnas 2024 di Solo mencetak sejarah sebagai Peparnas pertama yang diikuti oleh atlet dari 35 provinsi.

Sebelumnya, rekor keikutsertaan tertinggi tercatat pada Peparnas 2016 di Jawa Barat dengan peserta dari 34 provinsi. Sementara itu, Peparnas 2021 di Papua diikuti oleh atlet dari 30 provinsi.

"Antusiasme provinsi memang sangat tinggi di Peparnas kali ini," tutur Susanto dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.tv.

Ia juga menyebut, sudah ada 4.632 atlet dan ofisial yang berada di Solo, jumlah tersebut masih akan bertambah karena kontingen Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Tengah baru akan tiba pada Minggu.

Acara yang dimulai pukul 19.00 WIB di Stadion Manahan, Solo, nanti akan menampilkan defile dari seluruh kontingen provinsi, pertunjukan seni dan penampilan kelompok musik legendaris Indonesia, God Bless.

Baca Juga: Peparnas, Transjakarta Kirim 10 Armada Bus Ramah Disabilitas


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x