Kompas TV olahraga sepak bola

Fakta Baru Wasit Aceh vs Sulteng Tak Sesuai Daftar Line-Up, Ini Reaksi PB PON dan KONI

Kompas.tv - 16 September 2024, 13:28 WIB
fakta-baru-wasit-aceh-vs-sulteng-tak-sesuai-daftar-line-up-ini-reaksi-pb-pon-dan-koni
Manajer tim sepak bola Sulawesi Tengah Susik SKM menunjukkan bukti perubahan nama wasit yang bertugas saat laga sepak bola antara Aceh dan Sulteng dalam PON Aceh-Sumut 2024, saat ditemui di Banda Aceh, Minggu (15/9/2024), (Sumber: KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Fakta baru muncul setelah kisruh laga Aceh vs Sulawesi Tengah di perempat final sepak bola PON 2024.

Ternyata, nama wasit yang seharusnya memimpin laga Aceh vs Sulteng tak sesuai dengan daftar line-up.

Menurut Manajer Tim Sulteng, Susik SKM pada Minggu (15/9/22024), ada perubahan wasit yang seharusnya memimpin laga di Stadion H Dimurthala, Banda Aceh, Sabtu (14/92/2024) itu.

Baca Juga: Ketua Asprov Sulteng Tolak Hasil Laga PON 2024 Aceh Vs Sulteng, Kirim Nota Keberatan ke PSSI

Berdasarkan daftar line-up sebelum laga yang diterima dan ditandatangani oleh Sulteng sekitar lima menit sebelum laga dimulai, wasit yang memimpin seharusnya wasit asal Sidoarjo, Jawa Timur, yakni Achmad Hafid Hilmi.

Namun, pada pertandingan Aceh vs Sulteng, wasit yang memimpin laga ternyata wasit asal Palembang, Sumsel, Eko Agus Sugih Harto.

Bahkan, pihak Sulteng baru mengetahui secara resmi perubahan itu pada Minggu pukul 09.00-10.00, seusai panitia melalui petugas pendamping tim Sulteng mengantarkan daftar susunan pemain dan perangkat pertandingan yang baru.

Pada daftar tersebut diketahui bahwa wasit yang memimpin adalah Eko Agus Sugih Harto.

“Harusnya, kalau ada perubahan wasit, panitia memberitahukannya kepada kedua tim. Wasit yang diganti juga harus wasit cadangan yang terdaftar dalam susunan perangkat pertandingan,” kata Susik dikutip dari Kompas.id.

“Panitia berdalih ada salah tik sehingga kami diberikan daftar susunan pemain dan perangkat pertandingan yang baru pada pagi ini. Itu tidak masuk akal untuk ajang sebesar PON,” tambahnya.

Namun, Ketua Bidang Pertandingan Panitia Besar PON 2024 (PB PON) Wilayah Aceh, Teuku Banta Nuzullah, memilih tak banyak bicara.

Ia hanya mengatakan mempersilakan PSSI mengevaluasi temuan tersebut.




Sumber : Kompas.id




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x