Kompas TV olahraga sepak bola

PSSI Sebut Semifinal dan Final Sepak Bola PON 2024 Dipimpin Wasit Liga 1

Kompas.tv - 15 September 2024, 17:20 WIB
pssi-sebut-semifinal-dan-final-sepak-bola-pon-2024-dipimpin-wasit-liga-1

Ambulans masuk ke dalam lapangan untuk merawat wasit Eko Agus Sugih Harto yang dipukul pemain Sulteng, Rizki Saputra, dalam laga perempat final sepak bola PON 2024 di Stadion Dimurthala, Banda Aceh, Sabtu (14/9/2024). (Sumber: Kompas.tv/Ant)

Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga menyebut wasit Liga 1 dan Liga 2 akan memimpin pertandingan semifinal dan final sepak bola putra PON 2024. 

"Pertandingan semifinal dan final di PON bisa berlangsung fair yaitu mengganti semua wasit yang ditugaskan dengan wasit-wasit Liga 1 dan Liga 2 untuk memimpin pertandingan di Aceh," kata Arya Minggu (15/9/2024) dikutip dari Antara.

Keputusan ini sendiri diambil setelah terjadi insiden di laga perempat final antara Aceh kontra Sulawesi Tengah, Sabtu (14/9) di Stadion Dimurthala, Banda Aceh. 

Dalam laga tersebut, Aceh dinyatakan menang walk out (WO) usai para pemain Sulteng menolak melanjutkan laga di babak perpanjangan waktu lantaran kecewa dengan keputusan wasit. 

Baca Juga: PSSI Bakal Usut Pemukulan Wasit di PON 2024 dan Beri Sanksi Terberat, Erick Thohir: Memalukan!

Wasit yang memimpin laga tersebut, Eko Agus Sugih Harto dianggap membuat sejumlah keputusan kontroversial.

Puncaknya, wasit memberikan dua penalti untuk Aceh jelang waktu normal berakhir sehingga tuan rumah mampu menyamakan skor menjadi 1-1. Keputusan itu direspons pemain Sulawesi Tengah dengan aksi pemukulan hingga wasit terkapar dan dilarikan dengan ambulans.

"Kami harapkan tidak ada lagi hal-hal yang seperti ini," lanjut Arya Sinulingga. 

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan bakal segera melakukan investigasi mendalam soal keputusan-keputusan janggal wasit hingga aksi pemukulan yang dilakukan pemain Sulteng. 

"Pastinya akan dilakukan investigasi mendalam. Indikasi pertandingan yang tidak fair menjadi materi serius yang ditelaah. Pun halnya reaksi pemain yang dipastikan berbuah sanksi yang sangat berat," kata Erick.

Baca Juga: Pemain Pukul Wasit dalam Laga Perempat Final Sepak Bola PON 2024, Pengamat: Cerita Lama


 




Sumber : Kompas TV/Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x