Kompas TV olahraga sepak bola

Klarifikasi PSSI Soal Isu Pemain Timnas Indonesia Memiliki Paspor Ganda

Kompas.tv - 12 September 2024, 21:11 WIB
klarifikasi-pssi-soal-isu-pemain-timnas-indonesia-memiliki-paspor-ganda
Para pemain Timnas Indonesia (dari kiri ke kanan), Ragnar Oratmangoen, Calvin Verdonk, Nathan Tjoe A On, dan Ivar Jenner, jelang pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Australia di Stadion Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024). (Sumber: Kompas.tv/Rizky Ade Saputro)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak PSSI memberikan klarifikasi terkait isu yang menyebutkan bahwa ada sejumlah pemain Timnas Indonesia yang memiliki paspor ganda.

Isu pemain Timnas Indonesia yang memiliki paspor ganda ini sempat ramai dibahas beberapa waktu lalu di media sosial.

Teranyar, mantan Duta Besar Republik Indonesia untuk Polandia, Peter Gontha, dalam unggahan di akun Instagram-nya menyebut bahwa pemain naturalisasi belum mengembalikan paspor Belanda usai resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Hal tersebut tentu menimbulkan kontroversi mengingat Republik Indonesia bukanlah negara yang mengenal asas dual nationality (kewarganegaraan ganda).

Terkait isu itu, Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga pun memberikan tanggapan dan klarifikasi.

"Kita ini bingung ya ketika timnas kita berjuang hasilnya baik, membawa Merah Putih, semuanya bersatu rakyatnya mendukung. Bisa dilhat tuh antusias rakyat juga besar karena timnas Merah Putih kita bisa berkibar," kata Arya Sinulingga dikutip dari akun Instagram pribadinya, Kamis (12/9/2024).

"Rasa kebangsaan kita juga besar. Eh ada aja orang yang berusaha untuk menggembosinya gitu dan dengan isu yang kadang-kadang tidak jelas gitu, kok bisa seperti itu terjadi," ujarnya.

Arya Sinulingga pun membantah isu terkait paspor ganda pemain naturalisasi Timnas Indonesia dan menegaskan para pemain hanya memiliki paspor Indonesia.

Ia juga menjamin PSSI melakukan proses peralihan kewarganegaraan para pemain diurus dengan benar sesuai prosedur.

Baca Juga: Australia Main Imbang 0-0 Lawan Timnas Indonesia, Graham Arnold Kritik Pemainnya




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x