Kompas TV olahraga sepak bola

Kesuksesan Timnas Indonesia Diratapi Vietnam, Ini Alasannya

Kompas.tv - 12 September 2024, 08:56 WIB
kesuksesan-timnas-indonesia-diratapi-vietnam-ini-alasannya
Para pemain Timnas Indonesia (dari kiri ke kanan), Ragnar Oratmangoen, Calvin Verdonk, Nathan Tjoe A On, dan Ivar Jenner, jelang pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Australia di Stadion Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024). (Sumber: Kompas.tv/Rizky Ade Saputro)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

HANOI, KOMPAS.TV - Kesuksesan Timnas Indonesia menahan imbang Australia dan Arab Saudi di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, diratapi Vietnam.

Timnas Indonesia sukses menahan imbang Australia tanpa gol di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (10/9/2024).

Sebelumnya, Tim Garuda juga sukses menahan imbang Arab Saudi 1-1 pada laga tandang di Jeddah, pekan lalu.

Baca Juga: Berapa Poin yang Dibutuhkan Timnas Indonesia untuk Langsung Lolos ke Piala Dunia 2026?

Kesuksesan Timnas Indonesia itu rupanya diratapi Vietnam yang kalah 1-2 dari Thailand pada laga uji coba resmi FIFA di Stadion My Dinh, Hanoi.

Media Vietnam Soha.vn menegaskan kekalahan itu membuat Vietnam kehilangan poin, dan akan mengalami penurunan pada rangking FIFA di masa mendatang.

“Tim Vietnam mendapat lebih banyak berita buruk, dengan sedih melihat Indonesia, Malaysia dan Thailand menikmati kebahagiaan,” tulis media tersebut.

Menurut laman football-ranking.com, Vietnam kehilangan 4,52 poin setelah kekalahan dari Thailand. Sedangkan sang lawan mendapatkan poin. Thailand akan naik dua peringkat dari posisi 101 ke 99.

Sedangkan Vietnam masih berada di peringkat ke-117, namun mereka diyakini bakal mengalami penurunan posisi.

Pasalnya, tim yang berada di dekat mereka seperti Kongo (rangking 118), Komoro (119), Togo (120) dan Sudan (121), akan memainkan sejumlah laga di Piala Afrika pada Oktober mendatang.

Kondisi itu membuat Vietnam amat mungkin dilewati satu atau lebih tim yang berada di bawahnya.

Baca Juga: Erick Thohir Berharap Serangan Balik Timnas Indonesia Bisa Lebih Baik

Sementara hasil imbang yang dicetak Timnas Indonesia saat melawan Australia, membuat tim besutan Shin Tae-yong itu mendapatkan 15,45 poin.

Berkat tambahan poin itu, ranking FIFA Timnas Indonesia naik ke peringkat 130.

Sementara Malaysia naik ke posisi 132 dunia setelah mendapatkan tambahan 10,06 poin, berkat kemenangan atas Lebanon di final Piala Merdeka.


 




Sumber : Soha.vn




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x