Kompas TV olahraga sepak bola

Berapa Poin yang Dibutuhkan Timnas Indonesia untuk Langsung Lolos ke Piala Dunia 2026?

Kompas.tv - 12 September 2024, 06:15 WIB
berapa-poin-yang-dibutuhkan-timnas-indonesia-untuk-langsung-lolos-ke-piala-dunia-2026
Pemain, tim pelatih dan ofisial Timnas Indonesia foto bersama dengan latar belakang suporter di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024) malam. (Sumber: Kompas.tv/Rizky Ade Saputro)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia diperkirakan membutuhkan minimal 15 poin untuk lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2026. Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, setelah pertandingan melawan Australia di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Saat ini, Timnas Indonesia berada di posisi keempat klasemen Grup C dengan dua poin. Berdasarkan format kualifikasi, juara grup dan runner-up dari putaran ketiga akan lolos otomatis ke Piala Dunia, sementara tim peringkat ketiga dan keempat akan melanjutkan perjuangan ke putaran berikutnya.

Mengacu pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 dan 2022, minimal 15 poin diperlukan untuk lolos langsung.

Contohnya, Korea Selatan lolos sebagai runner-up Grup A putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan 15 poin, hasil dari empat kemenangan, tiga imbang, dan tiga kekalahan.

Baca Juga: Erick Thohir Berharap Serangan Balik Timnas Indonesia Bisa Lebih Baik

"Kalau kita ingin lolos kualifikasi mungkin bisa peringkat kedua kita membutuhkan 15 poin," kata Erick dikutip dari akun Instagram pribadinya, Selasa (10/9/2024).

Untuk mencapai target 15 poin, Timnas Indonesia harus mengumpulkan 13 poin lagi dari delapan pertandingan tersisa. Strategi yang mungkin diterapkan adalah wajib menang melawan Bahrain dan China, baik di kandang maupun tandang, yang akan menghasilkan 12 poin.

Baca Juga: Klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona AFC: Timnas Indonesia Tertahan di Peringkat 4

Poin tambahan lain bisa didapatkan Indonesia jika meraih hasil seri saat bertemu Arab Saudi di Stadion GBK pertengahan November 2024 mendatang.

Meski demikian, perolehan poin ini belum menjamin kelolosan langsung ke Piala Dunia 2026. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah perolehan poin tim-tim lain di Grup C, terutama Arab Saudi, Australia, dan Bahrain.

Persaingan di grup ini diprediksi akan berlangsung ketat hingga pertandingan terakhir.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x