Kompas TV olahraga sepak bola

Australia Main Imbang 0-0 Lawan Timnas Indonesia, Graham Arnold Kritik Pemainnya

Kompas.tv - 11 September 2024, 14:20 WIB
australia-main-imbang-0-0-lawan-timnas-indonesia-graham-arnold-kritik-pemainnya
Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick (kanan), beradu cepat dengan salah seorang pemain Australia pada laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024) malam. (Sumber: Kompas.tv/Rizky Ade Saputra)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pelatih tim nasional Australia, Graham Arnold, melontarkan kritik pedas kepada anak-anak asuhnya yang ditahan imbang 0-0 oleh Timnas Indonesia dalam pertandingan Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2024) malam.

Arnold yang dikenal memiliki hubungan baik dengan para pemainnya, kali ini tak ragu menunjukkan kekecewaannya secara terbuka. Ia menilai Australia seharusnya bisa memenangi pertandingan dengan mudah.

"Kita seharusnya menang dan menang dengan nyaman. Kita memiliki banyak peluang, namun kembali gagal memanfaatkannya," ujar Arnold dengan nada kecewa dalam konferensi pers pasca-pertandingan, dikutip dari The Guardian.

"Saya hanya bisa melakukan sebatas yang saya bisa. Saya tidak bisa bermain untuk mereka. Pada akhirnya, kita seharusnya menang melawan Bahrain, tapi kita gagal. Hari ini kita juga seharusnya menang, namun peluang demi peluang terbuang sia-sia."

Laga melawan Indonesia berlangsung seperti yang dikhawatirkan banyak pihak. Di hadapan 70.000 suporter yang memadati Stadion Gelora Bung Karno, skuad Australia kesulitan menembus pertahanan Indonesia. 

Meski demikian, Arnold mengakui adanya peningkatan performa dibandingkan pertandingan sebelumnya saat mereka kalah secara mengejutkan dari Bahrain di kandang sendiri. 

Saat itu, Australia harus menerima kekalahan pahit 0-1 setelah gol bunuh diri pada menit-menit akhir.

“Performa kali ini jauh lebih baik. Para pemain menunjukkan peningkatan, namun saya tetap sangat kecewa. Kita menciptakan begitu banyak peluang, namun kegagalan memanfaatkannya sudah menjadi tema umum selama setahun terakhir,” ucapnya.

Dalam laga melawan Timnas Indonesia kemarin, salah satu peluang terbaik Australia datang dari pemain muda berusia 18 tahun, Nestory Irankunda, yang untuk pertama kalinya tampil sebagai starter.

Baca Juga: Prediksi Peringkat FIFA Timnas Indonesia, Tim Garuda Naik ke Posisi 129




Sumber : The Guardian




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x