Kompas TV olahraga sepak bola

Ini Kata Erick Thohir soal Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Kompas.tv - 11 September 2024, 13:06 WIB
ini-kata-erick-thohir-soal-naturalisasi-mees-hilgers-dan-eliano-reijnders
Proses naturalisasi dua pemain berdarah Belanda, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, untuk menjadi WNI agar bisa membela Timnas Indonesia, sedang berjalan. (Sumber: Instagram @erickthohir)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders untuk menjadi WNI agar bisa membela Timnas Indonesia, sudah berjalan.

Hal tersebut diungkapkan Erick seusai pertandingan Timnas Indonesia vs Australia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/9/2024).

Dia menyebut proses naturalisasi dua pemain tersebut telah mencapai tahap akhir.

"Pak Menpora sudah tanda tangan, Mensesneg sudah tanda tangan, Pak Presiden besok tanda tangan nanti tinggal proses di DPR supaya Oktober tanggal 15 mereka bisa memperkuat Indonesia untuk pertandingan di luar negeri di Bahrain dan di China," kata Erick, dikutip dari Antara.

Menurut dia, kehadiran Hilgers dan Reijnders akan membuat pertahanan dan serangan balik Tim Garuda menjadi lebih baik lagi.

"Kita banyak bertahan, attack-nya belum maksimal, mungkin nanti dengan perlu latihan dan penataan pemain seperti Eliano mungkin counterattack-nya bisa lebih bagus lagi," tutur Erick.

"Kalau Mees Hilgers saya rasa kekuatan defense kita tambah lagi, jadi ya kita coba perbaiki setiap bulan," ujarnya.

Baca Juga: Sah! Erick Thohir Umumkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Akan Bela Timnas Indonesia

Erick berharap proses naturalisasi keduanya segera rampung dan mereka bisa dibawa untuk membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Oktober melawan Bahrain dan China.

Sebelumnya, Shin Tae-yong berharap Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dapat membela skuadnya pada November 2024.

"Saya berharap mereka bisa bermain pada November. Kalau Oktober sepertinya sulit," ujar Shin di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (8/9/2024).

Timnas Indonesia mendapatkan lawan berat di dua laga awal Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia saat menghadapi Arab Saudi dan Australia.

Saat melawan Arab Saudi di Jeddah, Kamis (5/9/2024) lalu, Timnas Indonesia sukses mencuri satu poin setelah bermain imbang 1-1.

Tim asuhan Shin Tae-yong selanjutnya menjamu tim kuat lainnya yaitu Australia pada Selasa (10/9/2024) kemarin.

Meski mendapatkan tekanan hampir di sepanjang laga, Maarten Paes dan kawan-kawan bisa menjaga gawang dari kebobolan dan menyudahi laga dengan skor 0-0.

Dengan dua hasil imbang tersebut, Timnas Indonesia mengoleksi dua poin dan menempati posisi keempat di klasemen sementara Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Baca Juga: Prediksi Peringkat FIFA Timnas Indonesia, Tim Garuda Naik ke Posisi 129


 




Sumber : Kompas TV/Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x