Kompas TV olahraga sports

FIVB Tunjuk Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Bola Voli Putri U21 2025

Kompas.tv - 11 September 2024, 11:42 WIB
fivb-tunjuk-indonesia-jadi-tuan-rumah-kejuaraan-dunia-bola-voli-putri-u21-2025
Pemain Timnas Voli Putri Indonesia, Putri Agustin (kanan), Junaida Santi (tengah) dan Maradanti Namira (kiri), berselebrasi usai mencatat poin saat bersua Timnas Kazakhstan pada pertandingan ketiga pul B AVC Challenge Cup 2024 yang berlangsung di Rizal Memorial Coliseum, Filipina, Sabtu (25/05/2024). (Sumber: AVC via ANTARA)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia resmi ditunjuk Federasi Bola Voli Internasional (FIVB) sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Bola Voli Putri U21, yang akan berlangsung dari tanggal 4 hingga 17 Agustus 2025.

Kepastian Indonesia sebagai tuan rumah muncul setelah proses penawaran terbuka dan disetujui oleh Dewan Administrasi FIVB. 

Selain Indonesia, sejumlah negara lain juga akan menyelenggarakan kejuaraan serupa. Kroasia dan Serbia akan bersama-sama menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Bola Voli Putri U19 pada 7-20 Juli 2025.

Sementara Kejuaraan Dunia Bola Voli Putra U19 akan diadakan di Uzbekistan dari 21 Juli hingga 3 Agustus dan pada sektor putra U21, China dipercaya menjadi tuan rumah pada 18-31 Agustus 2025.

"Kejuaraan Dunia Bola Voli Putri U19 FIVB 2025 akan diselenggarakan bersama oleh Kroasia dan Serbia dari tanggal 7-20 Juli, sedangkan Kejuaraan Dunia U19 Putra akan diselenggarakan di Uzbekistan dari tanggal 21 Juli hingga 3 Agustus," tulis FIVB, Selasa (10/9/2024).

"Pada kategori U21, Kejuaraan Dunia Putri 2025 akan berlangsung di Indonesia dari 4-17 Agustus, sedangkan edisi pria akan diselenggarakan oleh China dari 18-31 Agustus."

Dengan pengumuman FIVB ini maka Timnas Voli Putri U21 Indonesia dipastikan menyusul tim putra untuk berlaga di Kejuaraan Dunia.

Sebelumnya, Timnas Voli Putra U21 Indonesia sudah dipastikan akan berlaga pada ajang Kejuaraan Dunia Bola Voli U21 di China.

Baca Juga: Area Pertandingan Voli PON XXI Belum Rampung, Atlet: Kecewa, di Lapangan Susah Bernapas

Tim putra berhasil memastikan tempat mereka setelah mengunci posisi empat besar pada Kejuaraan Asia U20 yang digelar di Surabaya pada Juli lalu. 

Prestasi tersebut memberikan tiket otomatis bagi timnas voli putra untuk tampil di Kejuaraan Dunia 2025 sebagai wakil Asia.

Dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah, perhatian kini tertuju pada kesiapan federasi bola voli nasional, PBVSI.

Tantangan besar menanti, terutama dalam memastikan mutu penyelenggaraan serta persiapan tim yang solid. 

Timnas Voli Putri U21 Indonesia, yang mendapatkan kesempatan emas melalui jalur tuan rumah ini diharapkan bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk mematangkan persiapan, termasuk melalui pemusatan latihan (TC) yang lebih lama.

Beberapa nama pemain muda yang diprediksi akan mengisi skuad Timnas Putri U21 termasuk Junaida Santi, Azzahra Dwi (alias Gendis), Venisa Dwi Oktani, hingga Chelsea Berliana Nurtomo.

Mereka sebelumnya telah mendapatkan pengalaman berharga saat dipercaya mengisi timnas senior pada ajang AVC Challenge Cup 2024.

Dengan persiapan yang matang, Indonesia diharapkan bisa menjadi tuan rumah yang baik sekaligus meraih prestasi yang baik. 

Baca Juga: Hasil Voli AVC U20 2024: Tumbangkan India, Indonesia Lolos ke Piala Dunia U21




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x