Kompas TV olahraga sports

Mengingat Terakhir Kali Australia Bertandang ke GBK, Sempat Dibuat Kerepotan Budi Sudarsono dkk

Kompas.tv - 10 September 2024, 18:20 WIB
mengingat-terakhir-kali-australia-bertandang-ke-gbk-sempat-dibuat-kerepotan-budi-sudarsono-dkk
Foto ilustrasi. Timnas Indonesia pernah menahan imbang Australia 0-0 saat terakhir kali Socceroos melawat ke Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 28 Januari 2009 silam. (Sumber: Sekretariat Negara )
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia akan menghadapi Australia dalam lanjutan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/9/2024) malam ini. Australia terakhir kali melawat ke GBK pada 2009 silam.

Waktu itu, 28 Januari 2009, Australia menghadapi Timnas Indonesia dalam kualifikasi Piala Asia 2011. Australia dan Timnas Indonesia tergabung di Grup B kualifikasi bersama Kuwait dan Oman.

Kendati tampil sebagai unggulan, Socceroos sempat dibuat kerepotan oleh tuan rumah yang dikepalai pelatih Benny Dollo. Anak asuh Peter Verbeek kesulitan membongkar pertahanan Timnas Indonesia yang dijaga Charis Yulianto dan Maman Abdurahman.

Baca Juga: Bek Australia Tak Gentar dengan Atmosfer GBK: Banyak Suporter Tidak Membuat Perbedaan bagi Saya

Sebaliknya, skuad Garuda sempat membuat Australia kerepotan melalui akselerasi para penyerangnya. Benny Dollo menurukan Abdul Mushafry, Budi Sudarsono, dan Boaz Solossa untuk menyerang Australia dalam pertandingan ini.

Ketiga penyerang tersebut didukung oleh Ponaryo Astaman hingga Firman Utina di lini tengah. 

Kombinasi Budi Sudarsono dan Mushafry nyatanya sempat membuat Socceroos kerepotan. Bahkan, Budi Sudarsono sempat mengancam gawang Australia melalui sundulan jarak dekat pada babak kedua.

Akan tetapi, hingga akhir laga, tidak ada gol tercipta dan pertandingan berakhir 0-0. Timnas Indonesia sendiri tidak lolos kualifikasi Piala Asia 2011 dalam kesempatan tersebut.

Pada akhir kualifikasi, Timnas Indonesia menempati posisi juru kunci dan tanpa menorehkan kemenangan. Sedangkan Australia lolos sebagai juara grup C dengan total 11 poin.

Berikut susunan pemain saat Timnas Indonesia menjamu Australia di GBK pada 28 Januari 2009

Susunan pemain Timnas Indonesia vs Australia 2009

Indonesia: Markus Harison; Charis Yulianto, Isnan Ali, Richardo Salampessy, Maman Abdurahman; Ponaryo Astaman, Hariono, Firman Utina; Boaz Solossa, Budi Sudarsono, Abdul Mushafry.

Australia: Josip-Eugen Galekovic; Alejandro Vargas, Craig Moore, James Dean Heffernan, Scott Jamieson; Matthew Thompson, Tomislaw Pndeljak, Paul Ried, Matthew McKay; Daniel Allsopp, Archie Thompson.

Baca Juga: Indonesia Raya Berkumandang di MRT Sambut Suporter Timnas di Kualifikasi Piala Dunia


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x