Kompas TV olahraga sports

Kronologi Atlet Muaythai Jawa Tengah Dilarikan ke Rumah Sakit Akibat Cedera Serius di PON XX Papua

Kompas.tv - 9 September 2024, 14:55 WIB
kronologi-atlet-muaythai-jawa-tengah-dilarikan-ke-rumah-sakit-akibat-cedera-serius-di-pon-xx-papua
Momen atlet Jawa Tengah Irvan Aji Maulana terjatuh dan ditanyai wasit terkait kondisinya saat laga semifinal pertandingan elite 63,5 Kg Putra muaythai di Bale Meuseuraya Aceh, Senin (9/9/2024). (Sumber: Antara)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Insiden serius terjadi dalam pertandingan muaythai nomor elite 63,5 Kg Putra di PON XX Papua, Senin (9/9/2024). Atlet yang mewakili Jawa Tengah Irvan Aji Maulana harus dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami cedera parah akibat tendangan di area selangkangan saat bertanding melawan Dwi Sukarno dari Banten.

Kejadian ini terjadi di Bale Meuseuraya, Aceh. Pertandingan yang merupakan babak semifinal ini terpaksa dihentikan di ronde kedua ketika Irvan terjatuh dan tidak mampu bangkit kembali.

Pelatih tim muaythai Jawa Tengah Yusuf Susilo menyebutkan Irvan saat ini berada di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

"Saat ini atlet kami dibawa ke rumah sakit akibat terluka di bagian kemaluan," ujar Susilo dikutip dari Antara.

Berdasarkan pemeriksaan awal oleh tim medis di lokasi pertandingan, diketahui bahwa Irvan mengalami luka di area selangkangan.

Baca Juga: Kontingen Sumut Cabor 'Drumband' LBJP 400 M Putri Berhasil Tambah Satu Medali Emas di PON

"Kata dokter tadi ada luka di bagian kemaluan dan sekarang sedang dibawa ke rumah sakit," tambah Susilo.

Kronologi kejadian menunjukkan bahwa Irvan, yang berada di sudut biru, terus memegang bagian selangkangannya dan menahan rasa sakit setelah menerima tendangan. Wasit kemudian memperbolehkan tim medis masuk ke arena untuk melakukan pemeriksaan.

Susilo juga menyoroti bahwa tendangan tersebut merupakan pelanggaran serius. "Itu tendangan telak dan seharusnya atlet Banten diberikan sanksi karena melakukan pelanggaran," tegasnya.

Setelah evaluasi singkat, tim dokter menyatakan bahwa Irvan tidak dapat melanjutkan pertandingan karena cedera yang dialaminya. Tanpa menunda lebih lama, atlet tersebut segera dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x