Kompas TV olahraga sepak bola

Jokowi: Timnas Indonesia Sebenarnya Bisa Menambah Gol saat Lawan Arab Saudi

Kompas.tv - 6 September 2024, 22:15 WIB
jokowi-timnas-indonesia-sebenarnya-bisa-menambah-gol-saat-lawan-arab-saudi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi usai resmikan sejumlah infrastruktur di Jawa Timur, Jumat (6/9/2024) (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

SURABAYA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Timnas Indonesia sebenarnya bisa menambah gol saat melawan Arab Saudi dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. 

Seperti diketahui, Timnas Indonesia berhasil menahan imbang tuan rumah Arab Saudi dengan skor 1-1 saat bertanding di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah. 

Indonesia sempat unggul 1-0 lewat gol Ragnar Oratmangoen pada menit ke-19.

Pemain FCV Dender tersebut mendapat ruang tembak, dan menembak bola dengan kaki kiri. Bola berbelok arah mengenai Sandy Walsh. Namun, Ragnar lah yang disahkan mencetak gol. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Baca Juga: Tahan Imbang Arab Saudi, Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik 3 Tingkat

Tertinggal, Arab Saudi langsung mengurung pertahanan Indonesia hingga akhirnya mencetak gol penyama pada menit 45+3 lewat sepakan Musab Fahz Aljuwayr yang berbelok arah setelah membentur badang Calvin Verdonk. 

Pada babak kedua, Arab Saudi tampil lebih dominan dalam penguasaan bola. Tetapi, Indonesia terlihat berbahaya saat melancarkan serangan balik. 

Bahkan, Arab Saudi punya kesempatan memenangi laga lewat hadiah penalti. Namun, kiper debutan Indonesia, Maarten Paes, mampu menggagalkan eksekusi penalti kapten Green Falcons, Salem Al Dawsari.

Jokowi yang mengaku menonton pertandingan tersebut menilai Indonesia seharusnya bisa mencetak gol tambahan. 

"Sebetulnya bisa menambah gol," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers usai mengunjungi Pasar Soponyono, Surabaya, Jawa Timur, Jumat, dikutip dari video YouTube Sekretariat Presiden

Baca Juga: Media Arab Kaget Timnas Indonesia Bisa Tahan Imbang Arab Saudi, Sebut Tim Garuda Berkembang Pesat

Kendati demikian, Jokowi juga merasa bersyukur skuad Garuda terhindar dari kekalahan dan bisa pulang dengan satu poin. 

"Tetapi, alhamdulillah juga penaltinya enggak bisa masuk. Ini juga patut disyukuri sehingga pulang dari Saudi Arabia bisa membawa satu poin," sambungnya. 

Hasil ini sendiri membuat Indonesia bertengger di posisi keempat klasemen Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan koleksi 1 poin. 

Selanjutnya, Indonesia dijadwalkan melakoni laga kandang kontra Australia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada Selasa (10/9/2024). Jokowi juga menyebut sangat menantikan laga ini. 

"Nanti ditunggu yang tanggal 10 dengan Australia," tandas Jokowi. 

Baca Juga: Pelatih Arab Saudi Roberto Mancini Bela Diri usai Ditahan Imbang Timnas Indonesia, Salahkan Hal Ini


 




Sumber : KOMPAS TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x