Kompas TV olahraga sepak bola

Shin Tae-yong Beri Saran ke Pemain Timnas Indonesia Hadapi Kritik dari Suporter

Kompas.tv - 4 September 2024, 14:30 WIB
shin-tae-yong-beri-saran-ke-pemain-timnas-indonesia-hadapi-kritik-dari-suporter
Pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai Thom Haye mencetak gol ke gawang Filipina di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV — Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan saran kepada para pemain Tim Garuda dalam menghadapi kritik dari suporter.

Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong telah mengalami kemajuan dalam beberapa tahun terakhir.

Setelah hanya berkutat di kompetisi ASEAN, Timnas Indonesia kini mulai rutin bersaing di kasta tertinggi Asia.

Teranyar, Timnas Indonesia berhasil masuk ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan bakal bersaing dengan Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Shin Tae-yong mengakui, keputusan membawa pemain muda ke Timnas Indonesia telah mendatangkan perubahan positif, terutama dalam hal mentalitas

Pelatih asal Korea Selatan itu menjelaskan, salah satu alasan utamanya merekrut pemain muda adalah untuk memperkuat mental Timnas Indonesia yang selama ini seringkali goyah saat menghadapi lawan yang lebih kuat. 

Di era sebelumnya, pemain Timnas kerap gugup dan terintimidasi sebelum pertandingan dimulai, terutama ketika menghadapi tim dengan peringkat lebih tinggi.

"Perubahan terbesarnya adalah kini, para pemain kami tidak mudah menyerah. Mungkin di masa lalu, ketika kita menghadapi tim yang lebih kuat atau berperingkat lebih tinggi, kita akan kalah secara mental sebelum pertandingan dimulai," ujar Shin Tae-yong dalam wawancara yang diunggah di kanal YouTube PSSI.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Arab Saudi, Roberto Mancini Bakal Kehilangan Satu Pemain di Lini Tengah

Kini, lanjut Shin, para pemain muda Indonesia telah menunjukkan semangat juang yang lebih tinggi dan tidak mudah menyerah, bahkan ketika menghadapi lawan yang kuat. 

Meski demikian, ia mengakui masih ada kelemahan pada para pemain muda ini, terutama dalam hal menyikapi kritik dari suporter.

Seperti yang diketahui, suporter Indonesia yang sangat fanatik tidak segan untuk melontarkan kritik kepada para pemain yang tampil buruk, bahkan dengan bahasa yang sangat keras.

Menanggapi hal ini, Shin Tae-yong menekankan pentingnya mentalitas yang kuat bagi para pemain dalam menghadapi tekanan semacam itu.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x