Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas U20 Indonesia Kalah dari Thailand, Ini Alasan Indra Sjafri Lakukan Rotasi Pemain

Kompas.tv - 30 Agustus 2024, 20:56 WIB
timnas-u20-indonesia-kalah-dari-thailand-ini-alasan-indra-sjafri-lakukan-rotasi-pemain
Pelatih Timnas Indonesia U20, Indra Sjafri, memimpin upacara bendera memperingati HUT ke-79 RI bersama para pemain sebelum menjalani sesi latihan (internal game) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/8/2024). (Sumber: Dok. Muhammad Alif Aziz Mardiansyah via ANTARA)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

KOMPAS.TV - Indra Sjafri membeberkan alasannya melakukan rotasi pemain saat Timnas U20 Indonesia menghadapi Thailand di ajang Seoul Earth On Us 2024.

Seperti yang diketahui, Timnas U20 Indonesia harus menghadapi kenyataan pahit setelah menelan kekalahan 0-2 dari Thailand U20, Jumat (30/8/2024).

Dalam laga ini, Pelatih Timnas U20 Indonesia, Indra Sjafri, melakukan sejumlah perubahan signifikan dalam susunan pemain pada laga ini. 

Alhasil, permainan apik Garuda Nusantara saat mengalahkan Argentina tidak tampak di laga kedua melawan Thailand ini.

Indra pun mengakui bahwa dia memang berencana untuk menurunkan susunan pemain yang berbeda di laga melawan Thailand.

"Iya, pertama, lawan Thailand kami bermain dengan line up berbeda," kata Indra Sjafri seusai pertandingan dikutip dari Tribunnews.

Menurutnya, keputusan ini diambil sebagai bagian dari evaluasi dan eksperimen untuk menemukan formula terbaik jelang Piala Asia U20 dan Piala Dunia U20 2025.

Baca Juga: Timnas U20 Indonesia Kalah dari Thailand, Laga Lawan Korea Selatan Jadi Penentu

Dalam laga tadi, pelatih asal Sumatra Barat tersebut melakukan rotasi di lima posisi. I Wayan Artha dipercaya untuk menggantikan Ikram Algiffari di bawah mistar gawang. 

Selain itu, Muhammad Ragil, Rahmat Syawal, Marselinus Ama Ola, dan Maouri Ananda juga diberi kesempatan untuk tampil sebagai starter, menggantikan pemain-pemain yang sebelumnya belum bermain sejak awal.

Indra Sjafri menjelaskan bahwa tujuan dari rotasi ini adalah untuk menguji kualitas beberapa pemain baru dan menilai apakah mereka layak untuk menjadi bagian dari tim inti. 

"Tujuan dari turnamen ini memang untuk mencoba beberapa pemain baru yang untuk mengambil kesimpulan apakah mereka berkualitas atau tidak," ucapnya.

Dalam laga selanjutnya di ajang Seoul Earth On Us Cup 2024, Timnas U20 Indonesia U akan menghadapi tim tuan rumah, Korea Selatan U20 pada hari Minggu, 1 September 2024, pukul 17.30 WIB di Stadion Mokdong. 

Laga melawan Korea Selatan itu akan menjadi tantangan besar bagi Dony Tri Pamungkas dan kawan-kawan sekaligus penentuan tim terbaik di ajang tersebut. 

Baca Juga: Absen di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Jordi Amat Kirim Pesan ke Suporter Timnas Indonesia


 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x