Kompas TV olahraga sepak bola

Thom Haye Dilaporkan Jadi Incaran Dinamo Zagreb

Kompas.tv - 28 Agustus 2024, 06:30 WIB
thom-haye-dilaporkan-jadi-incaran-dinamo-zagreb
Pesepak bola Timnas Indonesia, Thom Jan Haye, berebut bola dengan pesepak bola Timnas Irak, Ahmed Yahya Al-Hajjaj (kiri) dan Ibrahim Bayesh Al-Kaabawi (kanan), dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Galih Pradipta)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

ZAGREB, KOMPAS.TV - Klub raksasa Kroasia Dinamo Zagreb dikabarkan tengah berupaya mendatangkan gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye.

Haye, yang kini berstatus sebagai pemain bebas transfer, dianggap sebagai solusi potensial untuk memperkuat lini tengah Dinamo Zagreb.

Menurut laporan dari media Kroasia HR Sport, Selasa (27/8/2024), gelandang berusia 29 tahun yang telah malang melintang di kancah Eredivisie Belanda itu dinilai layak untuk memperkuat Dinamo Zagreb.

Sepanjang kariernya, Haye telah mencatatkan lebih dari 200 penampilan dengan membela sejumlah klub, seperti AZ Alkmaar, Willem II, ADO Den Haag, dan yang terakhir, SC Heerenveen.

Usai kontraknya berakhir pada akhir musim lalu, Haye kini tersedia sebagai agen bebas, menjadikannya target yang menarik bagi banyak klub, termasuk Dinamo Zagreb.

Selain di klub, Haye juga disebut memiliki rekam jejak yang solid di kancah internasional.

Ia telah melalui berbagai jenjang usia di tim nasional Belanda, bahkan menjadi bagian dari tim yang menjuarai Kejuaraan Eropa U17 pada tahun 2011 dan 2012 bersama Memphis Depay dan Nathan Aké.

Baca Juga: Performa Thom Haye Disejajarkan dengan Bintang Paris Saint-Germain, Kok Bisa?

Tahun ini, Haye memulai lembaran baru dalam karier internasionalnya dengan memutuskan membela Timnas Indonesia berkat garis keturunan dari neneknya yang berasal dari Sulawesi Utara.

Pada debutnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam, ia langsung mencetak assist, disusul dengan gol perdananya saat menghadapi Filipina.

Sebagai pemain yang serba bisa, Haye mampu menempati berbagai posisi di lini tengah.

Pada awal kariernya, ia lebih sering dimainkan sebagai gelandang ofensif dan pemain sayap, namun seiring bertambahnya usia, ia semakin mantap mengisi posisi gelandang bertahan.

Dengan kemampuan Haye tersebut, hehadirannya dinilai dapat menjadi solusi bagi Dinamo Zagreb, terutama jika Josip Mišić, pemain kunci mereka di lini tengah, harus absen karena cedera atau hengkang dari klub.

Dari sisi kualitas dan finansial, Haye tampaknya menjadi pilihan yang tepat bagi Dinamo Zagreb.

Dengan bursa transfer yang akan segera ditutup, diharapkan ada kesepakatan yang bakal dicapai antara Thom Haye dengan Dinamo Zagreb. 

Baca Juga: Harapan Jay Idzes Bersama Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026


 




Sumber : HR Sport




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x