Kompas TV olahraga sports

Serahkan Bonus Medali Olimpiade, Jokowi: Dimanfaatkan Sebaik-baiknya

Kompas.tv - 15 Agustus 2024, 16:09 WIB
serahkan-bonus-medali-olimpiade-jokowi-dimanfaatkan-sebaik-baiknya
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bonus kepada atlet dan pelatih di Olimpiade Paris 2024, Kamis (15/8/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memberikan bonus kepada atlet-atlet peraih medali Olimpiade Paris 2024 pada Kamis (15/8/2024) di Istana Merdeka, Jakarta. 

Dalam acara yang berlangsung usai pawai para atlet peraih medali itu, Jokowi memberikan bonus Rp6 miliar kepada dua peraih medali emas Olimpiade Paris 2024, yakni Veddriq Leonardo (panjat tebing) dan Rizki Juniansyah (angkat besi). 

Peraih medali perunggu Gregoria Mariska Tunjung (bulu tangkis) juga mendapatkan bonus sebesar Rp1,65 miliar. 

Baca Juga: Sambut Atlet Olimpiade Paris di Istana, Jokowi Ucapkan Terima Kasih: Keberhasilan Ini Bukan Instan

Para pelatih atlet peraih medali juga mendapatkan bonus dari pemerintah. 

Pelatih yang atletnya mendapat medali emas, diberikan bonus sebesar Rp2,75 miliar. Sedangkan untuk pelatih yang atletnya mendapatkan medali perunggu akan mendapatkan uang bonus Rp675 juta.

Jokowi juga menyerahkan bonus kepada atlet-atlet Indonesia yang belum bisa meraih medali sebesar Rp250 juta sebagai sebuah apresiasi. 

Presiden Jokowi berharap bonus tersebut dapat menjadi motivasi para atlet untuk bisa kembali mengharumkan nama bangsa. 

"Bonus ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memotivasi, meningkatkan prestasi, dan kemudian kembali mengharumkan nama bangsa dan negara di gelanggang dunia," kata Jokowi dilansir Breaking News KOMPAS TVKamis (15/8). 

Baca Juga: Bakal Bertemu Jokowi, Ini yang Ingin Disampaikan Veddriq Leonardo

Torehan dua medali emas Paris 2024 ini menyamai pencapaian terbaik Indonesia di ajang Olimpiade yang sebelumnya terjadi pada Barcelona 1992. 

Pada Barcelona 1992, Indonesia juga meraih dua medali emas lewat dua atlet bulu tangkis Susi Susanti (tunggal putri) dan Alan Budikusuma (tunggal putra). 

Meski demikian, soal total raihan medali, Indonesia mengalami penurunan dibandingkan edisi Olimpiade sebelumnya. Pada Tokyo 2020, kontingen Merah Putih pulang dengan total 5 medali.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x