Kompas TV olahraga sports

Rincian Bonus Atlet dan Pelatih Olimpiade Paris 2024: Emas Capai Rp6 Miliar, Nonmedali Juga Dapat

Kompas.tv - 14 Agustus 2024, 09:30 WIB
rincian-bonus-atlet-dan-pelatih-olimpiade-paris-2024-emas-capai-rp6-miliar-nonmedali-juga-dapat
Atlet panjat tebing Veddriq Leonardo dan lifter Rizki Juniansyah akan menerima bonus uang tunai senilai Rp6 miliar dari Pemerintah. Bonus ini diberikan sebagai apresiasi atas keberhasilan keduanya menyumbangkan medali emas untuk Indonesia dalam Olimpiade Paris 2024 yang baru saja usai. (Sumber: andre/kemenpora.go.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memberikan penjelasan rinci mengenai bonus yang akan diterima oleh para atlet dan pelatih Indonesia yang berpartisipasi dalam Olimpiade Paris 2024.

Pengumuman ini disampaikan saat menyambut kedatangan atlet peraih medali emas, Veddriq Leonardo (panjat tebing) dan Rizki Juniansyah (angkat besi), di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Selasa (13/8/2024) malam.

Dito menegaskan bahwa keputusan pemberian bonus ini telah diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat berada di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Nominal bonus untuk peraih medali emas mengalami peningkatan dari Olimpiade Tokyo 2020 yang sebelumnya Rp5,5 miliar menjadi Rp6 miliar untuk Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga: Veddriq Leonardo Kaget Keluarga dari Pontianak Sambut Kepulangannya di Bandara Soetta

Rincian bonus yang diumumkan Menpora Dito adalah sebagai berikut:

  • Atlet peraih medali emas: Rp6 miliar
  • Atlet peraih medali perunggu: Rp1,65 miliar
  • Pelatih atlet peraih medali emas: Rp2,75 miliar
  • Pelatih atlet peraih medali perunggu: Rp675 juta

Selain bonus untuk atlet dan pelatih peraih medali, Dito juga mengumumkan bahwa seluruh atlet dan pelatih yang telah berjuang di Olimpiade 2024 tetapi tidak meraih medali akan tetap mendapatkan bonus sebagai bentuk apresiasi dan komitmen pemerintah.

"Untuk seluruh atlet dan pelatih yang tidak menerima medali, bentuk apresiasi dan bentuk komitmen pemerintah dalam Olimpiade, akan kami kasih bonus juga. Bonusnya segera diumumkan. Bonusnya pasti untuk jalan-jalan, akan kita berikan. Ini bentuk apresiasi," tutur Dito saat konferensi pers di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten disiarkan Kompas TV.

Penyambutan atlet di Bandara Soekarno-Hatta dilakukan di Terminal VVIP pada pukul 22.55 WIB. Selain Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah, rombongan yang tiba juga termasuk atlet angkat besi putri Nurul Akmal dan atlet panjat tebing putri Rajiah Sallsabillah, beserta para pelatih mereka.

Pengumuman bonus ini disambut positif oleh para atlet dan pelatih. Sebelumnya, beberapa atlet telah mengungkapkan rencana mereka untuk menggunakan sebagian bonus guna memperbaiki fasilitas latihan di daerah asal masing-masing, serta menyisihkan sebagian untuk tabungan masa depan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Pastikan Peraih Medali Olimpiade Diganjar Bonus, Rp6 Miliar untuk Emas


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x