Kompas TV olahraga sports

Hasil Olimpiade Paris 2024: Veddriq Leonardo Sabet Medali Emas Panjat Tebing!

Kompas.tv - 8 Agustus 2024, 18:24 WIB
hasil-olimpiade-paris-2024-veddriq-leonardo-sabet-medali-emas-panjat-tebing
Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo, tersenyum semringah usai menyabet medali emas di nomor speed putra panjat tebing Olimpiade Paris 2024 di Le Bourget Sport Climbing Venue, Paris, Prancis, Kamis (8/8/2024). (Sumber: Tsvangirayi Mukwazhi/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

PARIS, KOMPAS.TV - Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo, sukses meraih medali emas Olimpiade Paris 2024 dari nomor speed putra cabang olahraga panjat tebing.

Veddriq sukes memenangi putaran final yang digelar di Le Bourget Sport Climbing Venue, Paris, Prancis, Kamis (8/8/2024).

Untuk meraih medali emas, Veddriq menang tiga kali beruntun sejak perempat final. Veddriq mengalahkan wakil tuan rumah, Bassa Mawem; wakil Iran, Reza Alipour; dan wakil China, Wu Peng di final.

Di perempat final, Veddriq mesti beradu cepat dengan Mawem, pemegang rekor panjat tebing speed putra tercepat di Olimpiade Tokyo 2020.

Veddriq sukses mengalahkan Mawem dengan catatan 4,88 detik berbanding 5,26 detik.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Eko Yuli Irawan Gagal Raih Medali Angkat Besi

Di babak semifinal, atlet asal Pontianak itu menghadapi Reza Alipour. Veddriq kembali unggul dengan catatan waktu 4,78 detik berbanding 4,84 detik.

Veddriq pun mesti menghadapi wakil China, Wu Peng, di babak final. Atlet kelahiran 1997 itu menang tipis atas Wu. Veddriq menorehkan catatan waktu 4,75 detik, sedangkan Wu 4,77 detik.

Sementara dalam perebutan medali perunggu, Sam Watson dari Amerika Serikat (AS) menang atas Reza Alipour dengan catatan 4,74 detik berbanding 4,88 detik.

Catatan Watson itu juga memecahkan rekor dunia yang sebelumnya dipegangnya, 4,75 detik. Rekor lawas Watson itu disamai Veddriq di babak final, yang mana menjadi rekor personal terbaik atlet Indonesia tersebut.

Upaya Veddriq pun memastikan Indonesia kembali meraih medali emas di ajang Olimpiade. Kontingen Indonesia sebelumnya selalu meraih medali emas di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dan Tokyo 2020.

Di Paris 2024, Indonesia sejauh ini sudah meraih satu medali emas dan satu perunggu. Medali perunggu dipersembahkan Gregoria Mariska Tunjung dari nomor tunggal putri bulu tangkis.

Baca Juga: Tim Bulu Tangkis Olimpiade Asal Indonesia Kemalingan di Paris, Uang Rp 950 Juta Raib


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x