Kompas TV olahraga sports

Olimpiade 2024: Veddriq Leonardo Lolos ke Perempat Final Panjat Tebing, Sempat Samai Rekor Dunia

Kompas.tv - 6 Agustus 2024, 22:16 WIB
olimpiade-2024-veddriq-leonardo-lolos-ke-perempat-final-panjat-tebing-sempat-samai-rekor-dunia
Atlet panjat tebing putra Indonesia, Veddriq Leonardo, bersiap melakukan start saat bertanding melawan atlet Prancis, Bassa Mawem, pada kualifikasi nomor speed putra Olimpiade Paris 2024 di Le Bourget Climbing Venue, Paris, Prancis, Selasa (6/8/2024). (Sumber: Wahyu Putro A/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

PARIS, KOMPAS.TV - Atlet panjang tebing Indonesia, Veddriq Leonardo, memastikan diri lolos ke perempat final nomor speed putra cabor panjat tebing Olimpiade Paris 2024.

Bahkan, Veddriq sempat menyamai rekor dunia di babak kualifikasi unggulan yang berlangsung di Le Bourget Climbing Venue, Paris, Prancis, Selasa (6/8/2024).

Sayangnya, wakil Indonesia lainnya, Rahmad Adi Mulyono, gagal lolos ke perempat final usai dikalahkan Veddriq di babak eliminasi dan kalah catatan waktu dari pemanjat tebing lain.

Ajang panjat tebing nomor speed diawali dengan babak kualifikasi unggulan untuk menentukan pertandingan di babak eliminasi.

Masing-masing pemanjat mendapat giliran mendaki Jalur A dan Jalur B di Le Bourget Climbing Venue.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Desak Made dan Rajiah Sallsabillah Lolos ke Perempat Final Panjat Tebing

Di babak kualifikasi unggulan, Veddriq sukses mencatatkan waktu 4,92 detik di Jalur A. Di Jalur B, dia mampu memanjat dalam waktu 4,79 detik dan menjadi unggulan teratas.

Catatan 4,79 detik Veddriq sempat menyamai rekor dunia milik atlet Amerika Serikat (AS), Sam Watson.

Namun, Watson kemudian mampu mendaki lebih cepat di babak eliminasi dan memecahkan rekornya sendiri dengan catatan 4,75 detik.

Sementara Rahmad mencatatkan waktu 5,07 detik di Jalur B. Sayangnya, di Jalur A, Rahmad dianggap melakukan foul start sehingga hasilnya tidak dihitung.

Foul start tersebut membuat Rahmad menempati urutan unggulan terakhir, sehingga harus menghadapi Veddriq di babak eliminasi.

Veddriq mampu mengalahkan Rahmad dengan catatan waktu 4,98 detik di babak eliminasi. Rahmad finis dengan catatan 5,13 detik.

Sebagai catatan, terdapat tujuh pertandingan yang digelar dalam babak eliminasi nomor speed putra panjat tebing Olimpiade Paris 2024.

Sebanyak delapan atlet berhak lolos ke perempat final, yakni tujuh pemenang babak eliminasi plus pemilik catatan waktu terbaik di babak kualifikasi unggulan di antara atlet yang kalah.

Rahmad tercatat kalah catatan waktu dari atlet Iran, Reza Alipour Shenazandifard yang berhak lolos ke perempat final menemani tujuh atlet pemenang babak eliminasi.

Catatan waktu terbaik Reza, 5,06 detik hanya selisih 0,01 detik dengan Rahmad.

Baca Juga: Ketum FPTI, Yenny Wahid Sebut Cabor Panjat Tebing Optimistis Dapat Emas di Olimpiade 2024 Paris!


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Advertorial

Persaingan Mobil SUV Di Sulsel

17 September 2024, 12:50 WIB

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x