Kompas TV olahraga sepak bola

Kalahkan Mesir 3-1, Prancis Melaju ke Final Olimpiade Paris 2024

Kompas.tv - 6 Agustus 2024, 08:00 WIB
kalahkan-mesir-3-1-prancis-melaju-ke-final-olimpiade-paris-2024
Para pemain Prancis merayakan kemenangan tim mereka atas Mesir di akhir pertandingan semifinal sepak bola putra di Stadion Lyon, selama Olimpiade Musim Panas 2024, Senin, 5 Agustus 2024, di Decines, Prancis. (Sumber: AP/Silvia Izquierdo)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

LYON, KOMPAS.TV - Tim nasional sepak bola putra Prancis U-23 berhasil melangkah ke final Olimpiade Paris 2024 setelah mengalahkan Mesir U-23 dengan skor 3-1 dalam pertandingan semifinal yang berlangsung di Stadion Decines-Charpieu, Lyon, pada Selasa (6/8/2024) dini hari WIB.

Kemenangan dramatis ini membawa Les Bleus satu langkah lebih dekat untuk meraih medali emas di kandang sendiri.

Pertandingan berlangsung sengit dengan Mesir sempat unggul terlebih dahulu. Mahmoud Saber membuka keunggulan bagi The Pharaohs pada menit ke-62, memanfaatkan bola liar di kotak penalti Prancis.

Namun, tim asuhan Thierry Henry berhasil bangkit dan membalikkan keadaan melalui gol-gol yang dicetak oleh Jean-Philippe Mateta dan Michael Olise.

Babak pertama berlangsung tanpa gol, meski Prancis mendominasi serangan. Peluang terbaik datang dari sundulan Loic Bade yang membentur tiang gawang Mesir. Kiper Mesir, Hamza Alaa, juga tampil gemilang dengan beberapa penyelamatan penting.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Desak Made dan Rajiah Sallsabillah Lolos ke Perempat Final Panjat Tebing

Drama sesungguhnya terjadi di babak kedua. Setelah tertinggal, Prancis meningkatkan intensitas serangan mereka. Usaha keras itu membuahkan hasil ketika Jean-Philippe Mateta berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-83, menyambut umpan dari Michael Olise.

Dengan skor imbang 1-1 di akhir waktu normal, pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan. Nasib berpihak pada Prancis ketika bek Mesir, Omar Fayed, menerima kartu merah di awal babak tambahan pertama. Keunggulan jumlah pemain ini dimanfaatkan dengan baik oleh Prancis.

Mateta kembali menjadi pahlawan dengan mencetak gol keduanya pada menit ke-99, membawa Prancis unggul 2-1. Michael Olise kemudian memastikan kemenangan Prancis dengan gol ketiga pada menit ke-108, mengakhiri pertandingan dengan skor 3-1.

Kemenangan ini mengantarkan Prancis U-23 ke partai final, di mana mereka akan berhadapan dengan Spanyol U-23. Pertandingan final akan digelar di Stadion Parc des Princes, Paris, pada Jumat (9/8) pukul 23.00 WIB.

Sementara itu, Mesir akan bertemu Maroko dalam perebutan medali perunggu di Stadion Decines-Charpieu, Lyon, pada Kamis (8/8) pukul 22.00 WIB.

Baca Juga: Gregoria Sumbang Medali Perdana Indonesia di Olimpiade Paris, Orang Tua Jorji Bangga!




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x