Kompas TV olahraga badminton

Gregoria ke Semifinal Olimpiade Paris 2024, Pertama Kali bagi Tunggal Putri sejak 2008

Kompas.tv - 3 Agustus 2024, 16:59 WIB
gregoria-ke-semifinal-olimpiade-paris-2024-pertama-kali-bagi-tunggal-putri-sejak-2008
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung merayakan kemenangan atas pebulu tangkis Thailand Ratchanok Intanon dalam pertandingan perempat final bulu tangkis tunggal putri Olimpiade Musim Panas 2024, Sabtu, 3 Agustus 2024, di Paris, Prancis. (Sumber: AP Photo/Kin Cheung)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

PARIS, KOMPAS.TV - Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung berhasil melangkah ke semifinal bulu tangkis Olimpiade Paris 2024.

Gregoria ke empat besar setelah mengalahkan wakil Thailand Ratchanok Intanon di perempat final dengan straight game 25-23 dan 21-9, Sabtu (3/8/2024).

Hasil ini tentu menjadi prestasi tersendiri bagi Gregoria yang merupakan unggulan ketujuh di Olimpiade Paris 2024.

Selain itu, keberhasilan Gregoria ke semifinal juga prestasi yang luar biasa mengingat pada Olimpiade Tokyo 2020, ia hanya bisa mencapai babak 16 besar.

Bahkan, prestasi Gregoria ini merupakan yang pertama kalinnya bagi sektor tunggal putri Indonesia ke semifinal Olimpiade sejak 2008.

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung merayakan kemenangan atas pebulu tangkis Thailand Ratchanok Intanon dalam pertandingan perempat final bulu tangkis tunggal putri Olimpiade Musim Panas 2024, Sabtu, 3 Agustus 2024, di Paris, Prancis. (Sumber: AP Photo/Kin Cheung)

Baca Juga: Menpora Akui Sedih Atlet Badminton Indonesia Berguguran di Olimpiade Paris 2024

Terakhir kali wakil Indonesia yang bisa mencapai semifinal adalah Maria Kristin Yulianti pada Olimpiade Beijing 2008.

Saat itu, Maria Kristin mengalahkan wakil India Sania Nehwal (26-28, 21-14, 21-15) dan berhak lolos ke semifinal.

Namun di semifinal, Maria Kristin harus mengakui keunggulan wakil tuan rumah Zhang Ning yang pada akhirnya meraih medali emas.

Meski begitu, Maria Kristin menutup langkahnya dengan gemilang dengan merebut perunggu usai menang dari wakil tuan rumah lainnya, Lu Lan.

Dengan kembali adanya wakil tunggal putri Indonesia yang lolos ke semifinal Olimpiade, Gregoria diharapkan bisa mencapai hasil yang lebih baik dengan melaju ke final.

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung merayakan kemenangannya atas pebulu tangkis Korea Selatan Kim Ga-eun pada pertandingan babak 16 besar bulu tangkis tunggal putri Olimpiade Musim Panas 2024, Kamis, 1 Agustus 2024, di Paris, Prancis. (Sumber: AP Photo/Dita Alangkara)

Akan tetapi, lawan selanjutnya yang akan dihadapi tidaklah mudah, yaitu unggulan pertama asal Korea Selatan, An Se Young.

Apa pun nanti hasilnya, Gregoria Mariska Tunjung telah memberikan penampilan yang maksimal dan membuktikan bahwa tunggal putri masih bisa untuk berprestasi.

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming Wakil Indonesia di Olimpiade 2024 Hari ini: Gregoria-Zohri Berlaga


 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x