Kompas TV olahraga sports

Perenang Slovakia Kolaps usai Balapan di Olimpiade Paris 2024 akibat Serangan Asma

Kompas.tv - 2 Agustus 2024, 21:39 WIB
perenang-slovakia-kolaps-usai-balapan-di-olimpiade-paris-2024-akibat-serangan-asma
Atlet Slovakia Tamara Potocka dibawa dengan tandu dari dek kolam renang setelah pingsan setelah mengikuti babak penyisihan nomor renang 200 meter gaya ganti perorangan putri di Olimpiade Musim Panas 2024, Jumat, 2 Agustus 2024, di Nanterre, Prancis. (Sumber: AP Photo/Tsvangirayi Mukwazhi)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

PARIS, KOMPAS.TV - Perenang Slovakia, Tamara Potocka, mengalami insiden serius saat berpartisipasi dalam babak kualifikasi nomor 200 meter gaya ganti perorangan putri di Olimpiade Paris 2024, Jumat pagi (2/8/2024).

Potocka yang berusia 21 tahun itu kolaps di tepi kolam renang setelah menyelesaikan balapannya. 

Belum diketahui pasti apa penyebab Potocka kolaps. Namun menurut keterangan resmi dari juru bicara tim Slovakia, ia diduga mengalami serangan asma.

Setelah kolaps, tim medis segera memberikan pertolongan pertama kepada Potocka di lokasi kejadian. Ia kemudian dibawa menggunakan tandu dengan masker oksigen terpasang. 

Potocka kemudian dilarikan ke rumah sakit yang berada di Desa Olimpiade untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

"Dia sudah dipindahkan ke rumah sakit di Desa Olimpiade, dan dokter tim kami sedang menunggunya di sana," ujar Lubomír Souček, juru bicara Komite Olimpiade Slovakia, dikutip dari Associated Press. Souček juga menambahkan bahwa Potocka masih dalam kondisi sadar saat dibawa ke rumah sakit.

Baca Juga: Cerita Angela Carini Mundur di Olimpiade 2024 Saat Lawan Petinju yang Tak Lolos Uji Kelayakan Gender

Insiden ini terjadi tak lama setelah Potocka menyelesaikan balapannya. Begitu keluar dari air, ia langsung kolaps dan dikelilingi oleh sekitar enam petugas medis yang segera memberikannya bantuan. 

Potocka kemudian dibawa keluar dari area kolam menggunakan tandu setelah sekitar satu menit penanganan di lokasi. Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi lebih lanjut apakah Potocka sempat menerima resusitasi jantung paru (CPR) atau tidak.

Olimpiade Paris 2024 merupakan pengalaman pertama bagi Potocka, yang berasal dari ibu kota Slovakia, Bratislava. Dalam balapan tersebut, Potocka finis di urutan ketujuh dengan catatan waktu 2 menit 14,20 detik, yang tidak cukup untuk membawanya melaju ke babak semifinal. 

Baca Juga: Heboh Atlet Korea Utara dan Korea Selatan Selfie Bareng di Olimpiade 2024


 

 




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x