Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Indonesia U-19 Juara Piala AFF 2024, Presiden Jokowi Ucapkan Selamat

Kompas.tv - 30 Juli 2024, 07:28 WIB
timnas-indonesia-u-19-juara-piala-aff-2024-presiden-jokowi-ucapkan-selamat
Momen para penggawa Timnas Indonesia U19 merayakan kemenangan turnamen AFF U19 Boys Championship, Senin (29/7/2024). Presiden Joko Widodo atau Jokowi turut memberikan ucapan selamat atas raihan juara yang dicapai Timnas Indonesia U19 tersebut. (Sumber: PSSI)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

SURABAYA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia U19, yang juga dikenal sebagai Garuda Muda, meraih gelar juara Piala AFF U19 2024 setelah mengalahkan Thailand dengan skor 1-0 di laga final, Senin (29/7/2024) malam.

Prestasi ini mendapat apresiasi langsung dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menyampaikan ucapan selamat melalui media sosialnya.

"Selamat kepada Garuda Muda atas pencapaian luar biasa meraih gelar juara Piala AFF U19," tulis Jokowi.

Jokowi memuji kerja keras dan semangat juang tim nasional Indonesia.

"Kemenangan atas Thailand 1-0 ini diraih atas kerja keras dan semangat juang yang sangat menginspirasi," lanjutnya.

Lebih lanjut, ia berharap prestasi ini dapat menjadi inspirasi dan membuka jalan untuk keberhasilan yang lebih besar di masa depan.

"Semoga prestasi ini membuka jalan untuk keberhasilan yang lebih besar. Majulah sepak bola Indonesia," tambah presiden yang segera habis masa jabatannya ini.

Baca Juga: Daftar Juara Piala AFF U19: Indonesia Lewati Rekor Vietnam, Iran, hingga Jepang!

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Adapun pertandingan final antara Thailand dan Indonesia berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Senin (29/7) malam. Laga yang dipimpin wasit asal Arab Saudi, Faisal Sulaiman Albalawi, berlangsung sengit sejak awal.

Thailand nyaris unggul lebih dulu pada menit ke-15 melalui tendangan Thanawut Phochai, namun bola masih membentur tiang gawang.

Baca Juga: Final AFF U19 2024: Indra Sjafri Lebih Suka Timnas Indonesia Bertemu Australia Ketimbang Thailand

Indonesia berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-18. Memanfaatkan sepak pojok yang dieksekusi Kafiatur, bola sundulan Kadek berhasil diteruskan menjadi gol oleh Jens Raven, membawa Indonesia unggul 1-0 dan menjadi satu-satunya gol yang tercipta di laga tersebut.

Kemenangan ini menandai prestasi gemilang kedua Timnas Indonesia U19 di kancah sepak bola regional Asia Tenggara setelah kali terakhir pada 11 tahun silam saat juga meraih juara Piala AFF U19 di Sidoarjo, Jawa Timur.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x