Kompas TV olahraga sepak bola

Prediksi Susunan Pemain Timnas U19 Indonesia vs Malaysia di Semifinal Piala AFF U19 2024

Kompas.tv - 26 Juli 2024, 21:30 WIB
prediksi-susunan-pemain-timnas-u19-indonesia-vs-malaysia-di-semifinal-piala-aff-u19-2024
Pemain Timnas U19 Indonesia, Muhammad Kafiatur (tengah), berusaha menendang bola dalam pertandingan lawan Kamboja pada babak penyisihan grup A ASEAN U19 Boys Championship atau Piala AFF U19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (20/7/2024) malam. (Sumber: ANTARA FOTO/Rizal Hanafi)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

 

SURABAYA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas U19 Indonesia, Indra Sjafri, diprediksi akan menggunakan skema tiga bek dalam laga semifinal Piala AFF U19 2024 melawan Malaysia. 

Seperti yang diketahui, duel Indonesia vs Malaysia akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (27/7/2024) pukul 19.30 WIB.

Timnas Indonesia berhasil lolos ke semifinal dengan status juara Grup A, mengumpulkan 9 poin dari tiga laga. Sementara Malaysia juga melaju ke empat besar dengan status juara Grup C. 

Kedua tim menunjukkan performa impresif sepanjang fase grup, membuat pertandingan ini menjadi salah satu yang paling dinantikan.

Malaysia merupakan tim tersubur dengan 17 gol dan hanya kebobolan satu gol, sedangkan Indonesia mencetak 14 gol dan kebobolan dua gol selama fase grup. 

Statistik ini menunjukkan Malaysia akan menjadi lawan berat bagi Jens Raven dkk. Apalagi, Malaysia berstatus sebagai juara bertahan, yang diperkirakan akan membuat mereka semakin termotivasi untuk mempertahankan gelar.

Menghadapi permainan agresif Malaysia, Indra Sjafri mungkin akan mengadopsi formasi 3-5-2 yang sering digunakan oleh Shin Tae-yong. 

Baca Juga: Piala AFF U19 2024: Indra Sjafri Sebut Welber Jardim dan Semua Pemain Timnas U19 Indonesia Siap Main

Skema ini memungkinkan Timnas U19 Indonesia menumpuk lima pemain belakang saat diserang dan lebih banyak pemain saat menyerang, memberikan fleksibilitas dalam bertahan dan menyerang.

Ikram Alghiffari berkemungkinan besar tetap menjadi pilihan utama di posisi kiper. Tiga bek sejajar akan diisi oleh Alfharezzi Buffon, Kadek Arel, dan Muhammad Iqbal Gwijangge. 

Di posisi wing back, Mufli Hidayat diprediksi akan beroperasi di sisi kanan dan kapten Dony Tri Pamungkas di sisi kiri.

Untuk tiga gelandang sentral, Indra Sjafri berkemungkinan akan mengandalkan trio Toni Firmansyah, Figo Dennis, dan Kafiatur Rizky.

Meskipun Welber Jardim dipastikan sudah fit, pemain Sao Paulo itu diprediksi tidak akan turun sebagai starter. Sementara lini depan Timnas Indonesia diperkirakan akan diisi oleh Arkhan Kaka dan Jens Raven.

Duet Arkhan Kaka dan Jens Raven diharapkan mampu memberikan performa terbaik untuk mengalahkan Malaysia dan melaju ke final Piala AFF U19 2024. 

Head to Head Timnas Indonesia vs Malaysia

  • 18/09/2013: Indonesia 1-1 Malaysia - Piala AFF U19 2013
  • 12/07/2018: Indonesia 1-1 Malaysia (Pen: 2-3) - Piala AFF U19 2018

Prediksi Susunan Pemain

Timnas Indonesia U19 (3-5-2): Ikram Alghiffari (GK) Alfharezzi Buffon, Kadek Arel, Muhammad Iqbal Gwijangge; Mufli Hidayat, Dony Tri Pamungkas, Toni Firmansyah, Figo Dennis, Kafiatur Rizky; Arkhan Kaka, Jens Raven.

Baca Juga: Semifinal Piala AFF U19 2024: Indra Sjafri Tak Pedulikan Rekor Buruk Lawan Malaysia


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x