Kompas TV olahraga sepak bola

Imbas Skandal Drone di Olimpiade Paris, Kanada Copot Pelatih Timnas Sepak Bola Putri

Kompas.tv - 26 Juli 2024, 13:34 WIB
imbas-skandal-drone-di-olimpiade-paris-kanada-copot-pelatih-timnas-sepak-bola-putri
Pelatih kepala timnas putri Kanada Beverly Priestman (Sumber: Antara)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beverly Priestman resmi dicopot sebagai pelatih kepala timnas sepak bola putri Kanada imbas dari skandal mengintip latihan lawan memakai drone di Olimpiade Paris 2024. 

“Komite Olimpiade Kanada (COC) telah mencopot Pelatih Kepala Tim Nasional Sepak Bola Putri Kanada Bev Priestman dari Tim Olimpiade Kanada karena skorsing yang diberikan oleh Canada Soccer,” demikian pernyataan COC, Jumat (26/7/2024).

“Asisten pelatih Andy Spence akan memimpin Tim Nasional Sepak Bola Wanita selama sisa Olimpiade Paris 2024.”

Selain Beverly, asisten pelatih Jasmine Mender dan analis taktik Joey Lombardi juga sudah dipulangkan dari Olimpiade Paris.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Kecaman Argentina Terkait Kekacauan Laga Lawan Maroko

Bahkan, Joey dijatuhi hukuman percobaan delapan bulan penjara setelah terbukti menerbangkan drone untuk mengintip sesi latihan timnas Selandia Baru di Stadion Geoffroy-Guichard Saint-Étienne, Saint-Étienne, Loire, Prancis, Selasa (23/7/2024) lalu. 

"Selama 24 jam terakhir, kami mendapat informasi tambahan mengenai penggunaan pesawat nirawak terhadap tim lawan, sebelum Olimpiade Paris 2024," kata kepala eksekutif Canada Soccer Kevin Blue. 

"Canada Soccer telah membuat keputusan untuk menskors pelatih kepala tim sepak bola nasional wanita Bev Priestman selama sisa Olimpiade Paris 2024 dan hingga selesainya peninjauan eksternal dan independen yang baru-baru ini kami umumkan," kata dia.

Sebelumnya, Bev Priesman meminta maaf kepada seluruh jajaran pemain dan staf pelatih Selanda Baru atas insiden memalukan tersebut. 

Baca Juga: Olimpiade Paris: Staf Timnas Kanada Ditahan usai Intip Latihan Lawan dengan Drone

“Atas nama seluruh tim kami, pertama-tama saya ingin meminta maaf kepada para pemain dan staf tim Selandia Baru dan kepada para pemain di tim Kanada,” kata Priestman.

“Ini tidak sejalan dengan nilai-nilai yang diperjuangkan tim kami," kata Priestman.

Terlepas dari itu, Kanada mengawali Olimpiade Paris 2024 dengan hasil positif. Mereka berhasil mengalahkan Selandia Baru dengan skor 2-1 di Stadion Geoffroy-Guichard Saint-Étienne, Saint-Étienne, Kamis (25/7). 




Sumber : Kompas TV/olympic.ca




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x