Kompas TV olahraga sports

Olimpiade Paris 2024: 3 Cabor Ini Jadi Harapan Indonesia Raih Medali Emas

Kompas.tv - 23 Juli 2024, 21:10 WIB
olimpiade-paris-2024-3-cabor-ini-jadi-harapan-indonesia-raih-medali-emas
Atlet renang, Joe Aditya, dan Chef de Mission Kontingen Indonesia Anindya Bakrie mengenakan jersei tim Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di Nusantara Garden, Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (4/7/2024). (Sumber: KOMPAS/FAKHRI FADLURROHMAN)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Olimpiade Paris 2024 dijadwalkan bergulir pada 26 Juli sampai 11 Agustus mendatang. 

Di kompetisi olahraga multicabang empat tahunan ini, Indonesia meloloskan total 29 atlet yang berkompetisi di 12 cabang olahraga (cabor). 

Adapun ke-12 cabor yang diikuti atlet-atlet Indonesia adalah angkat besi, atletik, balap sepeda, bulu tangkis, dayung, judo, menembak, panahan, panjat tebing, renang, selancar ombak, dan senam artistik. 

Baca Juga: Kota Paris Sambut Riuh Olimpiade, 45.000 Polisi hingga Jet Rafale Siaga untuk Pengamanan

Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 Anindya Bakrie menargetkan meraih medali emas di 3 dari 12 cabor tersebut. 

Tiga cabor yang dimaksud adalah bulu tangkis, angkat besi, serta panjat tebing. 

"Jadi, bulu tangkis adalah salah satu dari 12 cabang olahraga yang benar-benar diharapkan. Kedua adalah panjat tebing dan ketiga angkat besi," ucap Anindya saat berkunjung ke Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta, Kamis (18/9/2024), dikutip dari Kompas.com

"Kalau ditanya berapa (medali emas), ya pokoknya tiga cabor ini berpotensi," sambungnya. 

Baca Juga: Palestina Minta Israel Didiskualifikasi dari Olimpiade, Sebut 400 Atlet Palestina Terbunuh di Gaza

Cabor bulu tangkis akan punya kans untuk meraih 5 medali dari lima nomor. 

Di sektor tunggal putra, ada Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Sektor tunggal putri diwakili Gregoria Mariska Tunjung, sedangkan di ganda putra, ada juara bertahan All England, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. 

Lalu, di ganda putri ada Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Terakhir, Rinov Rivaldy/Pitha Hanigtyas Mentari di ganda campuran. 

Sementara tiga atlet akan berkompetisi di cabor angkat besi; Eko Yuli Irawan, Rizki Juniansyah, dan lifter putri Nurul Akmal. 

Di cabor panjat tebing, Indonesia punya empat atlet yaitu Veddriq Leonardo, Rahmad Adi Mulyono, Desak Made Rita Kusuma Dewi, dan Rajiah Sallsabilah. 

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Liliyana Natsir Minta Rinov/Pitha Terus Jaga Fokus

Sebagai informasi, pada Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia pulang dengan total 5 medali; 1 emas, 1 medali perak, dan 3 perunggu. 


 




Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x